Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Rabu, 24 Desember 2008

Sejarah Orang Melayu

Baru dua hari yang lalu gue membaca Maryamah Karpov, novel keempat dari Tetralogi Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Telah dari dulu, Andrea Hirata menuliskan berbagai cerita, dongeng, kebudayaan, permainan, dan kata-kata yang umum digunakan sehari-hari orang-orang melayu.

Gue sebagai orang Palembang, tempatnya berasalnya kebudayaan melayu, menjadi penasaran tentang siapa sih gue. Yang gue taw hanya sebatas sebagai keturunan dari kerajaan maritim terbesar dari Sriwijaya, diagung-agungkan oleh warga negri Jiran (semenanjung melayu) sebagai puyangnya (nenek moyang). Tapi tetep saja yang gue taw sangat sedikit tentang sejarah ataupun kebudayaan gue.

Sedikitnya cerita tentang kerajaan Sriwijaya, kerajaan melayu terbesar yang pernah ada di Nusantara, membuat sejarah awal orang2 melayu samar. Padahal bahasa melayu dijadikan bahasa nasional oleh tiga negara di selat malaka, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

"Kok bahasa Indonesia merupakan bahasa melayu?"

Mungkin banyak yang tidak taw klo sebenarnya bahasa Indonesia yang kita agung2kan sebagai bahasa persatuan itu merupakan bahasa melayu yang diperbarui. Bahasa melayu yang strukturnya dirubah, diedit, dan diserap dari bahasa lain agar menjadi bahasa yang mudah dan mempersatukan Indonesia. Ki hajar Dewantoro pernah mengatakan bahwa Bahasa Indonesia aslinya berasal dari bahasa melayu Riau, hal itulah yang menyebabkan bahasa Malaysia dan Indonesia bisa begitu mirip. Dan hal tersebut juga yang menyebabkan bahasa Indonesia begitu jauh dengan bahasa jawa maupun sunda. Itu juga alasan mengapa orang2 melayu yang merantau ke jawa sulit diketahui asalnya.

"Siapa aja sih orang2 melayu itu?"

Bagi gue yang udah ngerantau ke tanah jawa, gue menggolongkan orang2 melayu berdasarkan bahasanya. Klo bahasanya mirip dengan bahasa Palembang atau bahasa dusun di Sumsel, kyk Sekayu, Lahat, Komering, Ogan, dll maka gue anggap itu orang melayu. Apalagi jika daerah tersebut memang telah terkenal sebagai bekas kerajaan melayu.

Gue menggolongkan orang-orang2 melayu sebagai orang2 tinggal di pesisir pantai di sekitar Selat Malaka, mulai dari Sumatera Utara, dimana ada kerajaan melayu Deli, turun ke Riau dan Kepri (klo daerah riau dah pasti merupakan melayu karena kebudayaan melayu muda banyak berkembang disini), Jambi, dimana ada kerajaan melayu Jambi, Palembang/Sumsel, tempat berasalnya bahasa melayu, Babel, lampung utara, pesisir barat kalimantan (Pontianak dan sekitarnya), dan teakhir jelas Malaysia dan Singapura.

Sungguh luas sekali tempat tinggal orang-orang melayu, walaupun jumlah mereka sedikit dibandingkan dengan orang jawa, tapi dengan luasnya wilayah orang melayu, maka wajarlah bahasa Melayu (Indonesia) dijadikan bahasa persatuan di Indonesia.

"Wilayah melayu begitu luas, tapi darimanakah kebudayaan melayu berasal?"

Melayu berasal dari Palembang, dari kerajaan terbesar dalam sejarah nusantara, Sriwijaya. Dari prasasti Sriwijaya yang ditemukan sudah digunakan bahasa melayu sederhana. Dan klo melihat dari Hikayat Melayu dari kerajaan Malaka, kerajaan melayu yang menjadi penguasa selat Malaka setelah era Sriwijaya. Dari hikayat tersebut dikatakan bahwa pendiri kerajaan Malaka, Parameswara merupakan pangeran yang turun dari bukit siguntang mahameru, dimana mengalir sungai melayu dikaki bukitnya. Setelah era kemerdekaan telah diketahui bukit siguntang berada di Palembang, dan sungai melayu yang dimaksud adalah sungai musi.

Jujur gue akui, klo pengetahuan tentang melayu begitu sedikit. Tapi gue amat yakin klo Sriwijaya lah yang telah menyebarkan bahasa melayu di selat malaka. Umur dari kerajaan Sriwijaya yang lama (6 abad) bila dibandingkan dengan Majapahit (1.5 abad) membuat Sriwijaya dapat menancapkan kebudayaannya di pesisir selat Malaka. Dan ditambah Sriwijaya merupakan kerajaan Maritim, berbasis laut tidak seperti kerajaan Jawa yang berbasis pertanian. Dari para pelautlah bahasa melayu menyebar.

1 komentar:

Arif.Ust mengatakan...

Kunjungan Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman