Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Rabu, 24 Desember 2008

Penentuan Kedalaman Sheetpile

Gue maw cerita mengenai salah satu laporan yang gue kerjain di rumah c. Laporan mengenai desain sheetpile yang akan digunakan pada pelabuhan. Analisis digunakan dengan cara manual yaitu metode kesetimbangan gaya dan dengan metode elemen hingga dengan bantuan software PLAXIS 7.2.

Metoda umum yang sering digunakan dalam keperluan praktis dalam mendesain sheetpile adalah dengan kesetimbangan gaya yang bekerja sepanjang sheetpile yaitu tekanan tanah aktif ditahan oleh tekanan tanah pasif dan terkadang dengan anchor. Setelah dimodelkan gaya-gaya yang bekerja, dapat diketahui kedalaman dari sheetpile, kapasitas anchor, dan jenis sheetpile. Sebagai contoh pemodelan gaya-gaya yang bekerja pada sheetpile dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Pertama hal yang perlu dilakukan dengan mengelompokkan gaya-gaya yang bekerja sepanjang sheetpile. Besarnya tekanan tanah aktif yang bekerja dan beban surchage. Tekanan air diasumsikan steadi sehingga besarnya tekanan air saling menghilangkan. Panjang sheetpile diasumsikan dengan nilai Do, kemudian dengan persamaan Sigma H = 0 pada sheetpile dan Sigma M = 0 pada posisi anchor didapat nilai besaran panjang sheetpile.

Under constuction

1 komentar:

bety mengatakan...

..
artikelnhya bagus..
pas banget buat saya yang lagi belajar tentang pondasi dalam..
sekitranya bisa tukar pikiran lagi nanti,...
^.^