Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Rabu, 24 Desember 2008

Penentuan Kedalaman Sheetpile

Gue maw cerita mengenai salah satu laporan yang gue kerjain di rumah c. Laporan mengenai desain sheetpile yang akan digunakan pada pelabuhan. Analisis digunakan dengan cara manual yaitu metode kesetimbangan gaya dan dengan metode elemen hingga dengan bantuan software PLAXIS 7.2.

Metoda umum yang sering digunakan dalam keperluan praktis dalam mendesain sheetpile adalah dengan kesetimbangan gaya yang bekerja sepanjang sheetpile yaitu tekanan tanah aktif ditahan oleh tekanan tanah pasif dan terkadang dengan anchor. Setelah dimodelkan gaya-gaya yang bekerja, dapat diketahui kedalaman dari sheetpile, kapasitas anchor, dan jenis sheetpile. Sebagai contoh pemodelan gaya-gaya yang bekerja pada sheetpile dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Pertama hal yang perlu dilakukan dengan mengelompokkan gaya-gaya yang bekerja sepanjang sheetpile. Besarnya tekanan tanah aktif yang bekerja dan beban surchage. Tekanan air diasumsikan steadi sehingga besarnya tekanan air saling menghilangkan. Panjang sheetpile diasumsikan dengan nilai Do, kemudian dengan persamaan Sigma H = 0 pada sheetpile dan Sigma M = 0 pada posisi anchor didapat nilai besaran panjang sheetpile.

Under constuction

Sejarah Orang Melayu

Baru dua hari yang lalu gue membaca Maryamah Karpov, novel keempat dari Tetralogi Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Telah dari dulu, Andrea Hirata menuliskan berbagai cerita, dongeng, kebudayaan, permainan, dan kata-kata yang umum digunakan sehari-hari orang-orang melayu.

Gue sebagai orang Palembang, tempatnya berasalnya kebudayaan melayu, menjadi penasaran tentang siapa sih gue. Yang gue taw hanya sebatas sebagai keturunan dari kerajaan maritim terbesar dari Sriwijaya, diagung-agungkan oleh warga negri Jiran (semenanjung melayu) sebagai puyangnya (nenek moyang). Tapi tetep saja yang gue taw sangat sedikit tentang sejarah ataupun kebudayaan gue.

Sedikitnya cerita tentang kerajaan Sriwijaya, kerajaan melayu terbesar yang pernah ada di Nusantara, membuat sejarah awal orang2 melayu samar. Padahal bahasa melayu dijadikan bahasa nasional oleh tiga negara di selat malaka, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

"Kok bahasa Indonesia merupakan bahasa melayu?"

Mungkin banyak yang tidak taw klo sebenarnya bahasa Indonesia yang kita agung2kan sebagai bahasa persatuan itu merupakan bahasa melayu yang diperbarui. Bahasa melayu yang strukturnya dirubah, diedit, dan diserap dari bahasa lain agar menjadi bahasa yang mudah dan mempersatukan Indonesia. Ki hajar Dewantoro pernah mengatakan bahwa Bahasa Indonesia aslinya berasal dari bahasa melayu Riau, hal itulah yang menyebabkan bahasa Malaysia dan Indonesia bisa begitu mirip. Dan hal tersebut juga yang menyebabkan bahasa Indonesia begitu jauh dengan bahasa jawa maupun sunda. Itu juga alasan mengapa orang2 melayu yang merantau ke jawa sulit diketahui asalnya.

"Siapa aja sih orang2 melayu itu?"

Bagi gue yang udah ngerantau ke tanah jawa, gue menggolongkan orang2 melayu berdasarkan bahasanya. Klo bahasanya mirip dengan bahasa Palembang atau bahasa dusun di Sumsel, kyk Sekayu, Lahat, Komering, Ogan, dll maka gue anggap itu orang melayu. Apalagi jika daerah tersebut memang telah terkenal sebagai bekas kerajaan melayu.

Gue menggolongkan orang-orang2 melayu sebagai orang2 tinggal di pesisir pantai di sekitar Selat Malaka, mulai dari Sumatera Utara, dimana ada kerajaan melayu Deli, turun ke Riau dan Kepri (klo daerah riau dah pasti merupakan melayu karena kebudayaan melayu muda banyak berkembang disini), Jambi, dimana ada kerajaan melayu Jambi, Palembang/Sumsel, tempat berasalnya bahasa melayu, Babel, lampung utara, pesisir barat kalimantan (Pontianak dan sekitarnya), dan teakhir jelas Malaysia dan Singapura.

Sungguh luas sekali tempat tinggal orang-orang melayu, walaupun jumlah mereka sedikit dibandingkan dengan orang jawa, tapi dengan luasnya wilayah orang melayu, maka wajarlah bahasa Melayu (Indonesia) dijadikan bahasa persatuan di Indonesia.

"Wilayah melayu begitu luas, tapi darimanakah kebudayaan melayu berasal?"

Melayu berasal dari Palembang, dari kerajaan terbesar dalam sejarah nusantara, Sriwijaya. Dari prasasti Sriwijaya yang ditemukan sudah digunakan bahasa melayu sederhana. Dan klo melihat dari Hikayat Melayu dari kerajaan Malaka, kerajaan melayu yang menjadi penguasa selat Malaka setelah era Sriwijaya. Dari hikayat tersebut dikatakan bahwa pendiri kerajaan Malaka, Parameswara merupakan pangeran yang turun dari bukit siguntang mahameru, dimana mengalir sungai melayu dikaki bukitnya. Setelah era kemerdekaan telah diketahui bukit siguntang berada di Palembang, dan sungai melayu yang dimaksud adalah sungai musi.

Jujur gue akui, klo pengetahuan tentang melayu begitu sedikit. Tapi gue amat yakin klo Sriwijaya lah yang telah menyebarkan bahasa melayu di selat malaka. Umur dari kerajaan Sriwijaya yang lama (6 abad) bila dibandingkan dengan Majapahit (1.5 abad) membuat Sriwijaya dapat menancapkan kebudayaannya di pesisir selat Malaka. Dan ditambah Sriwijaya merupakan kerajaan Maritim, berbasis laut tidak seperti kerajaan Jawa yang berbasis pertanian. Dari para pelautlah bahasa melayu menyebar.

Selasa, 23 Desember 2008

Datang kembali...

Sebelumnya gue mau minta maaf dulu klo dah lama ga mengisi blog. Hal ini disebabkan gue dah cabut dari kosan dan sekarang numpang dirumah Irwan di Sariwangi. Daerah yang berada diluar Bandung, melewati bukit dan jurang, dan klo maw Cimahi bisa jadi jalan pintas. Depan dan belakang rumah terhampar perkebunan yang indah. Tempatnya asyik klo buat acara barbeque cuma jauhnya itu yang bermasalah. Dan paling fatalnya, GA ADA INTERNET.

Gue jg berusaha buat pasang internet cuma karena ga ada telepon dirumah jadi ga bisa pasang speedy lg. Trus nyobain quasar, internetny parah. Klo maw pake telkomsel Flash ato IM2 duitnya ga ada. Akhirnya gue males buat pasang internet.

Internet ga ada, ke warnet juga males. Jadinya vailixi.blogspot.com menjadi ga up to date.

Tapi itu dulu, sekarang gue sudah kerja di Rumah C - PT LAPI ITB, bisa dibilang semacem perusahaan buat para dosen untuk cari duit. Gue berada di bagian geotekniknya dibawah bos pak Masyur Irsyam. Kantor full internet, walau agak lelet, paling ga sekarang ada internetnya lagi.

Minggu, 10 Agustus 2008

Ayo Cari 500 Osama di Channel4. Hee, gue jadi artis internasional, bisa syuting

Kemaren pas Juli akhir gue syuting ma bule Inggris keturunan Pakistan buat acara OsamaLoves yang diadakan oleh Channel4, sebuah stasiun tv broadcating yg cukup terkenal di Inggris. OsamaLoves adalah suatu program televisi semacam dokumenter untuk mencari 500 orang bernama Osama di seluruh dunia. Bertujuan untuk menunjukkan pada dunia sisi lain dari Osama dan dunia Islam.

Syutingnya pake bahasa inggris, seharian dari siang ampe malem. Bareng ma Masud sang director, Farah presenterny, Aisyah temennya Farah yang kebetulan berada di Indonesia, dan Kresna orang Indonesianya. Kebetulan syutingnya di Jakarta, karena mereka ga bisa kebandung, karena mereka sibuk banget dan harus ke Kanada dalam waktu dekat. Syutingnya mengambil lokasi di tiga tempat yaitu Kota Lama Jakarta, Masjid Istiqal, dan Balkon Hotel Manhattan.

Banyak kejadian lucu sebelum, pas syuting, maupun setelah syuting. cuma karena belom sempet nulis semuanya, jadi gue cuma ngasih taw aje klo gue artis internasional. coba aja buka link ini http://osamaloves.channel4.com/osamas/84, disana ada ratingnya. tolong dinaikin ya jadi 5. hee

Sabtu, 09 Agustus 2008

Lupakan saja DIA


Wah..
ga bisa xo b2 mah..
ntar co aq marah..
bgitu..
maap yh..
he..

Itu adalah isi sms yang menyesakkan yang bikin hati gue perih..

Hari pertama les di English First

Gue selalu berusaha untuk hidup dengan cara gue sendiri. Menentukan pilihan dan jalan kehidupan yang gue tentuin sendiri. Tapi adakalanya kita harus berkompromi antara keinginan kita sendiri dengan kepentingan orang-orang yang berada disekitar kita. Maka walaupun gue benci sekali dengan bahasa inggris, gue berusaha untuk memenuhi keinginan ortu gue untuk meningkatkan skill berbahasa inggris. Dan salah satu jalannya dengan mengambil kelas TOEFL di EF.

Akhirnya gue mengikuti tes dan diizinkan mengikuti kelas TOEFL karena nilai gue memenuhi. Pada hari pertama gue sengaja datang lebih awal, alasannya gue takut telat, karena gue belom pernah les di EF, takutnya gue salah masuk ruang, ato ada kejadian2 aneh lainnya bisa aja terjadi klo telat, cause gue sering ngalamin hal2 aneh klo di hari pertama.


Hari pertama ga terjadi hal-hal aneh tapi tetep aja gue salting, seperti terjadi kejadian aneh. Gue datang lebih cepet 15 menit dari waktu masuk, langsung nanya m resepsionis dimana ruang TOEFL, dan menuju class new york, tempat kelas ToEFL gue. Ruangannya asik, biarpun ga pake AC (kebetulan dapet ruangan tanpa AC), ada jendela yang gede dan kipas angin, malah selama di kelas ruangannya terasa dingin. Yang bikin ga tahan itu adalah interiornya yang ga kayak les lain, bahkan LIA. ruangannya begitu rapi, dengan kursi warna biru, whiteboard yang rapi, lebih mencermikan suasana taman kanak-kanak bagi gue.

Karena gue dateng paling awal maka gue bebas memilih, langsung aja gue ngambil tempat duduk membelakangi jendela dekat whiteboard (disampingnya). Gue pikir itu tempat yang nyaman. Selang beberapa menit dateng cewek cakep, kulitnya putih, rambutnya sebahu, memakai celana jeans tanggung, dan berwajah oriental/cina (pokokny tipe gue bgt). Langsung mengambil tempat duduk yang bertolak belakang whiteboard, jadi duduknya langsung menghadap whiteboard klo gue klo maw liat whiteboard harus miringin kepala dulu ke kiri..

Abis dia duduk, langsung gue ngomong.
"ini kelas TOEFL kan?", gue nanya
"iya bener, anak baru ya?", dia bales nanya
gue jawab, "iya"
"klo aq udah ngambil kelas structure 1 bulan sebelumnya"
perlu gue beritahu klo di EF kelas TOEFL ada 3 bulan yang terdiri dari Structure, Listening, dan Reading, yang masing2 1 bulan. dan sekarang gue mengikuti kelas Reading.

"kok duduk disitu", dia bertanya.
"mang kenapa?"
"ga papa kok, cuma biasanya yang duduk disitu gurunya"
langsung deh gue salting.
"sori gue baru les disini".
gue langsung beranjak berdiri dan duduk satu kursi disebelahnya, karena disebelahnya ditaro tas.
"Oiya, kenalin nama saya Usama", ini saking saltingnya yg biasa gue jadi ganti saya.
"Nama kamu siapa?", ini yang biasanya pake loe/lu jadi kamu.
"Yosi"
Setelah itu sempat terjadi ngobrol2 singkat, basa-basi dan akhirnya gue taw klo dia sekolah di St Alosyius di Jalan Merdeka, sekaligus kenalan m anak2 baru lainnya yang baru dateng.

Akhirnya gurunya dateng, cewek bule, mungkin masih seumuran ma gue, ya lebih tua 2-5 tahun dikit. Layaknya setiap mulai les pertama kali pasti ada perkenalan. Yaitu nanya nama, hoby, sekolah, dll, ttg loe.. Urutan perkenalannya dari sebelah kiri deket pintu, jadi nantinya Yosi duluan bakal ngenalin dirinya. Yang paling menarik dari pas pertanyaan hobby dari Miss-nya,

"what's your hobby?", missny nanya
"Piano", jawabnya
"what kind of music?", nanya balik
"classic", ini yang bikin gue nambah kesemsem. Dia jago maen piano, music classic lagi..
Bener-bener cewe berkelas alias ekslusif menurut gue saat itu.

Karena gue taw dia jago classic, maka pas perkenalan sengaja gue bilang pas perkenalan klo hobby gue, classical guitar, malah pengen gue tambah spanish classical guitar, cuma karena gue blom bisa tremolo, akhirnya ga jadi gue sebut. Sengaja gue bilang klo gue hobby gue classical guitar, biar sama ma yosi, walau gue main classic juga baru.

Beberapa hari kemudian

Gue taw klo anak2 les itu jarang yang nongkrong di tempat les, ga kayak waktu gue di BLCI. Jadinya biar bisa duduk berdua dengannya gue sengaja dateng lebih awal. dan sialnya klo yosi sering telat, jadi ada kalanya gue jadi ga bisa duduk sebelah dia, tapi itu lebih baik dari pada gue yang telat, lebih ga bisa lagi duduk sebelah Yosi. jadilah gue, yang tukang telat jadi orang yang ga pernah pelat, dan terkenal dateng paling awal. Malah pas gue telat Yosi malah nanya kok telat. coba aja dia taw klo gue ga maw telat biar bisa duduk bareng dia.

Akhirnya setelah beberapa kali les akhirnya gue bisa dapet nomor hapenya. Gue mintanya pas abis les. Karena gue pemalu apalagi suka salting didepan cewe yang disuka, minta no hape itu lumayan sulit bagi gue. Pengennya gue nulis sesuatu di bukunya kyk ini, ini nomor hape gue berapa nomor hape loe. pokoknya gue susah banget ngomong langsung buat minta nomor hape yang bikin mulut gue suka kekunci. Cuma sialnya lagi pas dikelas lagi ada games ampe pulang, jadi gue bertiga m Yosi dan Ibeth, dan gue ga mungkin nulis kek gitu dibukunya. Takut malu dilihat Ibeth. Akhirnya gue dapet ide, gimana pas pulangnya aja. Padahal maw minta nomor hape aja kok repot, cuma bagi gue itu emang sulit. ketika berhadapan m orang yang loe suka dari pandangan pertama rasanya sulit bgt. apalagi ma cewe yg gue anggep amt berkelas, cina, cantik,tajir(bawa mobil pas les), dan jago music.

Pas kelas bubaran, gue beraniin ngomong,
"Yos, pinjem hape loe bentar donk!"gue bilang
"buat apa?"
"pinjem bentar"
akhirnya dia ngasih hapenya ke gue. langsung gue ketik nomor hape gue di hapenya.trus gue bilang
"ini nomor hape gue"
"ooo, trus buat apa?"
"Simpen yach"
"Kenapa ga nyimpem nomor aq?"
"Oiya", gue bilang.

Akhirnya gue dapet nomor hape, YEAHHH, gue gembira banget..
Cuma karena yosi sekolah di sekolah Kristen maka gue belom taw di Islam ato ga. Maka pas sms pertamanya gue Ass yang merupakan singkatan salam (bukan pantat di English). Dan yosi nanya itu apa, dan gue menyadiri klo dia bukan muslim. Walau ternyata bukan muslim, tapi hati gue tetep pengen deketin dia. Ya, jadinya gue tetep mencoba PDKT, tetep smsan ma yosi. Dan gue ga pernah nanya apa dia udah punya cowo ato belom, gue cuma mencoba mancing pake sms aja, sambil nunggu yosi bilang sendiri..

Dan akhirnya, tulisan diatas tersebut adalah balesannya, iya yosi sudah punya cowo. Pahit juga. untung gue taw lebih awal dan emang yosi itu terlalu ekskulif bagi gue. karena gue bukan siapa-siapa. Dia cantik, tajir, jago classic lagi, bukan apa2nya dibandingin gue.

Lupakan saja Dia, mungkin gue mestinya jatuh hati dengan orang yang selevel bukan beberapa kasta di atas gue..

Kamis, 07 Agustus 2008

Jangan Ngenet Pake Quasar 3G

Gue kemaren nyobain paket internet 25 jam Quasar yang promosi di BEC. Dan ternyata kualitasnya parah banget. walaupun pake koneksi 3G yang harusnya kenceng banget ternyata Quasar pake sistem yang ngebuat koneksi internet pemakainy jadi down setelah dipake beberapa saat. Gue maw buka blog aja, susahnya minta ampu dari sejak pertama beli ga pernah bisa kebuka. Untungnya hari ini gue bisa buka juga akhirnya. Karena akhirnya bisa post, maka post pertama gue adalah mencaci maki quasar dulu disini. Quasra PeniPu, jadi gue saranin jangan pake quasar. Kalo ga percaya coba aja cek link http://www.mediakonsumen.com/Artikel1116.html dan http://www.mediakonsumen.com/Artikel1286.html

Minggu, 03 Agustus 2008

percobaan post pake axis

Udah 3 minggu gue ga post di blog. Ini disebabkan gue pindah dari kosan ke t4 temen gue, Irwan. Di t4 ini ga ada internetnya dan klo mau buka blog dari itb lumayan lama bukanya.
Untuk itu gue coba pake axis, kan axis paket internetnya msh murah. Tulisan ini gue tulis msh pake hp. Kan msh ujicoba. Gue akui, klo gue butuh internet. Maka dalam waktu dekat bakal gue sambung ke kompie. Biar bisa internetan...

Selasa, 15 Juli 2008

before midnight

tidak yang istimewa dari dirinya
hanya dia suka tersenyum

banyak juga wanita yang suka tersenyum
cuma senyumnya berbeda
bisa membuat hatiku
yang tertutup sedikit terbuka

malam ini wanita tersebut berulang tahun
dan aku hanya ini jadi orang pertama
yang mengucapkannya

Minggu, 13 Juli 2008

Liburan penuh buku

Tepat hari minggu abis ujian akhir akhir semester kemaren gue iseng jalan-jalan ke gramedia, nongkrong, liat-liat buku,numpang baca dari sore ampe mau tutup. tapi gue ga sekedar numpang baca doang, gue juga memboyong 4 buah buku. Total duit yang dikeluarin ampe 200 rban. Sebenernya gue bayarny juga ga pake duit karena ngegesek pake kartu atm..

Empat buku yang gue beli itu berhubungan dengan sejarah semua. tiga buku non fiksi dan satu novel. Bukunya yaitu Indonesia melawan Amerika, Jerusalem, Asia Future Shock, dan Kite Runner, Novel terbaik yang pernah gue baca..

Gue ga perlu nampilin resensi kite runner disini karena banyak jg yang dah nulis. cm gue mau kasih taw klo novel ini bagus banget karena gaya penulisan yang penuh ironi..jauh lebih bagus dari novel2 yang dah gue ceritain sebelumnya

Buat yang suka sejarah negeri sendiri ato pengen taw ttg Indonesia pas masa Soekarno,bagus banget klo baca buku Indonesia melawan amerika. Buku ini mencoba menguak tentang keterlibatan komunis internasional dan CIA saat masa-masa awal kemerdekaan dan bagaimana seorang Soekarno menghadapinya mereka sendiri. Ditambah konflik dalam negeri yaitu pertentangan antara PKI dan Angkatan Darat. Baskara (penulisnya) berhasil mendapatkan bukti-bukti relevan dari berbagai catatan dan dokumen serta wawancara langsung yang dia dapatkan saat menyusun desertasinya waktu di Amerika. Dokumen-dokumen keterlibatan amerika diberikan tempat khusus sebagai bukti yang membantu penulisan berbagai opininya. Adanya banyak catatan kaki, menunjukkan klo buku ini punya dasar ilmiah bukan asal cerita seperti dalam sejarah nasional Indonesia.

Yang menunjukkan klo buku ini keren adalah ketika sebulan setelah buku ini terbit, yaitu saat gue beli buku sejarah nusantara di gramedia, ternyata buku ini sudah habis alias out of stock. untuk cetakan pertama aja buku ini sudah habis. bagi yang pengen baca, gue yakin bakal ada cetakan-cetakan selanjutnya.

Senin, 07 Juli 2008

Apa arti Hidup

Apa arti hidup itu?
Mengapa kita harus menjalani hidup?
Hidup di dunia yang penuh kepalsuan ini.
Dan apakah kebenaran itu hanya ada di langit?
Dapatkah kita mendapatkan jawabannya di dunia ini?
Atau setelah kita meninggalkan dunia ini baru kita mendapatkan jawabannya?

salah seorang menjawab seperti ini:
arti hidup adalah pilihan, perjuangan, dan indah...
coba, maknai sendiri..
kenapa kita harus menjalani hidup... karena kita mang harus memilih, berjuangan, dan
mendapatkan keindahan yang gak semua orang bisa mengakuinya.
coba...maknain lagi..
kata siapa kebenaran ada di langit?
kebenaran ada di dalam hati setiap insan yang menjaganya...
di dunia ini ada kok kebenaran..gak harus nunggu kita mati dulu.
tapi,
kebenaran sejati
hanya milik Allah.

tapi apakah jawaban itu benar???
karena gue nantinya jadinya seorang engineer, gue harus berpikir dengan logika berpikir, dengan pemikiran ilmiah, dan penggunaan nalar dan rasio untuk mendukung keputusan dan jawaban. karena itulah pola pikir gue yang masih dangkal ini mengatakan bahwa kebenaran itu hanya bisa dibuka dari kitab suci, keyakinan religius dari setiap umat manusia. selain dari semua itu haruslah dicari pilihan terbaik atau lebih dikenal optimum solution. Solusinya adalah ya, kita harus jalani hidup tersebut

menurut pemikiran gue sendiri, Sebenarnya kita ga perlu mencari jawaban buat apa kita hidup ini. Karena yang akan ditanya pada saatnya nanti adalah apa yang kita
lakukan selama hidup kita.kita bukan menjadi subjek yang bertanya
melainkan objek yang di mintai pertanggung jawaban atas waktu
yang telah dipergunakan selama kita hidup.
jangan lah kita sia-sia kan waktu yang telah diberikan untuk mencari
jawaban hal tersebut.Lakukanlah hal yang nyata. Bertindaklah!
Dengan melakukan sesuatu yang berharga kita mengisi waktu kita
dengan hal yang berguna bukan dengan pertanyaan2 yang mungkin
sampai akhir hayat baru dpt terjawab.

Apakah ada alasan lain???

Rabu, 02 Juli 2008

Menu Chicken Pandan Leaf di Cibenyuing

Bagi yang tinggal di Bandung udah mengetahui klo daerah taman lansia merupakan tempat makan favorit. Taman Lansia berada dibelakang gedung sate. Salah satu trademark kota Bandung.
Taman Lansia terkenal dengan banyak warung tenda yaitu terkenal dengan Cilaki pusat masakan sea food di bandung dan cafe-cafe nya di sekitar jalan tersebut..

Salah satu cafe yang baru buka, ampe namanya pun belum kepasang. Maksud gue ga taw nama cafe nya. Berada di jalan Cibenyuing utara, menawarkan masakan yang murah dan terjangkau. dalam range 10-27rb. Salah satu menu yang unikny adalah chicken pandan leaf.
Gue ga taw cara masaknya mungkin dikukus dulu baru digoreng, ato gmn.tapi menu ini memiliki keunikan yaitu dengan membungkus ayam goreng dengan daun pandan. dengan tambahan saos sambal, tomoat dan mayones. ditambah minuman moccacino. Chicken pandan leaf dihargai 16 rb dan moccacino 5rb. Sengaja gue foto dulu buat promosiin di blog ini.

Cafe ini cocok banget buat yang pengen bercinta dengan modal 50rb doang..foto diatas kebetulan foto manager kafe tersebut yang kebetulan temen gue. gue manggilnya kak agus..

Senin, 30 Juni 2008

Pijat Tuna netra

Mau taw rasanya dipijat,?? Gue baru aja di pijet, hari kamis kemaren gue ma dimas temen gue iseng2x dipijet. Iya abis muter-muter ga jelas seharian kita nyari tempat pijet. Akhirnya di jalan cemara, klo dari arah cipaganti pas ada ayam goreng suharti belok kiri kita nemuin tempat pijet. Tapi tempat pijetnya mesti masuk gang kecil sedikit.. Iseng2 plat panti pijetnya gue foto..Gue baru taw loh klo para pemijat ada sertifikatnya juga. Coba aja liat, kemaren gue sempetin foto sertifikatnya.
trus suasana t4 pijetnya kayak rumah sakit aja, ada ranjang mirip di rumah sakit.


Minggu, 29 Juni 2008

Sedetik bisa mengubah masa depan

Percaya ga klo kejadian selama beberapa hari, sehari, bahkan satu detik itu dapat mengubah masa depan gue ato orang lain. Gue termasuk yang percaya. Di akhirnya aku lega gue belom kasih taw isi balasannya, gue cuma bilang perdamaian. Sebenernya dalam balasan tersebut tersimpan suatu ketololan dari kelakuan gue.

Bagi yang akrab ma gue pasti taw dan lagi gue juga malu nyeritainya disini, jadi ga ada cerita ttg itu. Perbuatan gue kemaren hampir mengubah masa depan dia, gue ampir bikin seseorang jadi ga lulus.. Tega kan gue..

Syukur alhamdulillah hal itu ga terjadi.

Gue emang ga pantas dimaafin, tapi paling ga gue berusaha memaafkan diri gue sendiri. gue nyadar satu yang penting yaitu setiap perbuatan gue apapun itu menuntut suatu pertanggung jawaban, maka dalam mengambil keputusan gue harus berhati-hati. karena kejadian satu detik dapat mempengaruhi masa depan.

Jumat, 27 Juni 2008

Perkembangan rating dan hits blog

Iseng-iseng gue mencoba nge-buka goodcounter gue.. tanpa gue sadari tenyata hits ke blog gue meningkat dari sejak blog gue dibuat bulan november.. jelas gue seneng banget dengan perkembangan blog ini..


dari grafik ini keliatan klo jumlah hits a.k.a pengunjung meningkat terus dalam beberapa bulan ini, dengan puncaknya pada bulan juni ini..

peningkatan juga bukan hanya pada jumlah hits tapi juga dari sisi rating a.k.a peringkat. Peringkat dari blog-indonesia jauh meningkat waktu masih awal yaitu 3000-an dan sekarang sudah nyampe tiga digit dikisaran 800-an. dan dari indonesian matter rank berada di 400-an..

Gue ga taw blog ini akan menjadi seperti apa, tapi klo melihat perkembangan ini. gue berharap blog gue bisa memberikan arti lebih di dunia maya ini..

Akhirnya ku lega (sambungan kisah 1)

Gue sedang duduk depan kompie gue.
"tak..tik..tak...tik.." keyboard mengeluarkan suara.
keyboard gue dah rusak jadi klo ngetik bunyinya gede banget.
"uh, akhirnya tulisan gue dah hampir selesai", gue berguman.
kemudian gue melirik jam di atas cpu gue. Terlihat udah jam 3.30 pagi, jelas baru jam 3.10 karna jam gue kecepetan. Udah lebih dua jam gue merangkaikan kata, menyusun sebuah message. Pagi tadi gue dah memutuskan semuany harus diakhiri. Gue ga bisa hidup terus kayak gini.

Gue selesaikan tulisan gue. dan gue baca ulang beberapa kali sambil mengoreksi atau mengubah yang menurut gue katanya cocok.

Aq hari in dpt pelajaran berharga,..

Kisah dulu emang telah berlalu bagi aq,
tapi aq sadar klo aq tdk bisa mengubur masa lalu..
Karna masa lalu itu selalu menyeruak mencari jalan keluar..
Ketika aq mengintip masa itu,
aq sadar klo aq trus hidup pda masa itu..
Masa 1-2 tahun yang lalu..
Masa yang menjadikan aq hingga kini jadi insomnia..

Aq selalu berpikir klo engkau begitu tega trhdp aq..
Kembali ke pelukan orang yang kuanggep sampah..
tapi sekarang aku sadar bahwa dirikulah yang 'pecundang'

aku selalu memiliki kesempatan untuk mengambil keputusan,
untuk menentukan apa jadinya hubungan kita dulu..
aq bisa merebutmu darinya,
atau aq melarikan diri..
akhirnya aq melarikan diri..

Peristiwa yang aq biarkan berlalu dan pergi,
telah membuat aq menyibukkan diri dalam banyak hal..
aq belajar, aq berusaha, dan aq berjuang mengenai apapun,
asal aq tetap punya semangat hidup..
asal aq tidak mengingat semua itu..

Tetapi seperti yang terjadi,
pikiranku kembali terbang ke masa itu..
untungnya aku sadar aq tdk bisa melawan semua pikiran itu..
dan selama ini aq selalu menikmati..
kubiarkan diriku tidur larut malam,
karna aq baru bs tidur ketika kulelah mengingatmu..
dan semua ku atur sebagai suatu planning..
kubiarkan diriku tiap hari bangun kesiangan,
dan kuatur kuliah dan anak2 untuk bantu absen..

Aq selalu mengawasi mu,
IYa, aq mengintip setiap comment FS..
mencuri dengar cerita ttg mu dari siapun,
ketika kudengar kamu sakit, aku pun ikut sakit..
walaupun dengan keegoanku aq tak pernah bertanya
ttg dirimu..

aq selalu berusaha untuk menjadikan mu
bukan siapa-siapa..
bukan seorang teman ataupun bukan seorang musuh..
ku mencoba untuk menjadikanmu tidak pernah ada..

dulu, aku lah seorang pencundang..
tapi beberapa hari ini aq bahagia..
melihatmu bahagia..
telah berpisah dengan seseorang yang menurut ku tidak pantas untuk mu..
dan telah menemukan yang bagi ku juga itu lebih baik
bahkan lebih dari aq ataupun seseorang yang bagiku dak pantas..

dan aq pun mulai meniti jalan menuju kehidupan yang normal..
kehidupan seperti manusia pada umumnya..
jujur, aq sungguh bahagia..

janjiku akan selalu aq kutepati,,
aq tidak akan pernah mengganggu hidupmu ,,
karna aq hidup dengan cara ku sendiri..
dan aq benci dengan orang yang mengganggu hidup ku..
jadi seperti yang selalu berjalan selama ini aq tidak akan mengganggumu..

aq tidak meminta mu kembali kepadaku,,
walaupun ada banyak wanita yang hadir dalam hidupku,
dan tetap saja aq berpikir bahwa mereka itu bukan kaw..
tapi tetap kuyakin aq bisa hidup tanpamu..
dan menemukan seseorang yang bisa memberikan pengaruh
ataupun perubahan dalam diriku spt yang pernah kaw berikan..

satu hal yang perlu kaw ketahui, kaw tlh mengubahku,
bahwa ketika aq mencoba membuang semua barang ttg mu..
namun,
ada satu yang tidak bisa kubuang,
yaitu baju pemberianmu
dan sekarang telah kusimpan dengan rapi..


The road I travel is unpredictable.

Sometimes it's smooth,

And sometimes it's filled with bumps.

But if I'm lucky...

I find people to travel with me.


Aku tidak berharap bahwa kaw akan memaafkan aq,
tapi aq benar2 minta maaf..
aq tidak bermaksud ap2,..
cuma aq ingin memperbaiki kesalahan ku dulu..
dan sekarang aku mendukung mu sama cowok yg skrg...
karena bagiku itu lebih cocok..

semoga kaw menemukan kebahagiaan..

jika tuhan bermain-main dengan takdirNya..
aq berharap jika kita berjumpa kembali,
pertemuan itu tanpa adanya dendam.
yang ada hanya hubungan yang baik.
dan apakah itu hanya mimpi ku belaka?
semoga waktu bisa menjawabnya..

akhirnya semua selesai, dan message ini kukirim. Terkadang ada benarnya klo masalah tidak akan selesai jika tidak bertemu langsung, tapi ini pengecualian.. karena ketika bertemu kembali mungkin semuany runyam seperti sebelumnya..

Akhirnya dia pun membalas dengan singkat dan menawarkan persahabatan. Dengan ini gue lega, gue bisa tidur lebih banyak. gue sudah tidak peduli apakah kita akan bertemu kembali, tapi yang penting beban itu sudah melayang, dan gue bisa berjalan dengan lebih ringan.

mencari jawaban atas insomnia (kisah 1)

Nafas ku terasa sesak, tapi yang kusadari klo gue udah terbangun. Kubuka mata, dan mataku langsung tertuju ke jendela yang ditutup dengan gorden. Kututup kembali mata sesaat untuk membiasakan mata dengan cahaya kamarku. Gue tidur menghadap jendela. Kasur gue yang berwarna biru dan ga pernah pake sprey tegak lurus dengan jendela. dan ketika matahari telah terbit dari timur maka cahayanya akan masuk dan menyiksa gue klo gue tidur terlambat. Sinarnya akan membuat tidur siang gue ga nyaman. Gue udah berusaha mengubah posisi kamar gue, tp inilah posisi terbaik. Gue bisa aja tidur dengan membelakangi jendela cuma masalahnya gue naroh televisi dan kompie persis didepan jendela. dan setiap malam secara reflek gue akan tidur menghadap jendela setelah menggunakan kompie ato tv.

Kubuka kembali mata untuk kedua kalinya. Mataku langsung berkeliling mecari jam weker yang terletak di atas cpu. Jam weker ku seiko kecil berwarna merah dan wekernya telah rusak, untungnya fungsi sebagai penunjuk waktu masih tetap berfungsi dan sengaja jam itu gue cepetin 20 menit. Kulihat jam menunjukkan jam 10.30 gue mulai mengingat klo gue tidur jam 3.00 semalem, artinya gue tidur sekitar 7 jam. "tidur gue lumayan cukup" benak gue dalam hati..

Biarpun gue liat klo sekarang udah siang tapi rasanya gue belum siap bangun. gue tetep dengan posisi gue, kembali memejamkan mata.. berpikir dan ngomong ma diri gue sendiri..
"udah lebih dari satu tahun gue hidup seperti ini"..
selalu saja malam gue diisi dengan tidur larut malam, bukan gara2 gue pengen melainkan gue ga pernah bisa.. kejadian 1,5 tahun yang lalu lah yang sudah membuat gue menjadi insomnia..

Kejadian yang berlalu memang sudah berlalu cuma ketika kejadian itu berhutang akan penyelesaian, maka masa lalu itu akan terus menyeruak untuk mencari jalan keluar.. walau aku pun telah menganggapnya tidak pernah terjadi, tetep aja dia akan terus mengganggu hidupku.. Kenyataan ini telah lama kusadari namun tetap saja diriku egois, bukan melainkan penyecut untuk berhadapan dengan kenyataan..

Dalam posisi ini maka gue bisa kembali berpikir dan hidup di masa lalu hingga satu dua jam hingga akhirnya gue terbangun dan siap menghadapi dunia nyata..

Senin, 23 Juni 2008

Alamat website journal geoteknik

Mahasiswa kan mesti berkutat sama yang namanya penelitian dan membuat karya ilmiah.. Kadang-kadang rasanya sulit banget mencari informasi yang dibuthkan, apalagi yang pake tema ga umum ato baru sehingga susah nyari diperpus.. Gue nemu EJGE, ini adalah website jurnal geotek..Jurnalnya udah lumayan banyak, tapi anehnya banyak juga loh tulisan dari malaysia dan india.. klo dari india mungkin wajar sih, kan banyak ahli geotek dari india kayak braja m das, tapi klo dari malaysia wah ini berarti indonesia mesti ngirim banyak jurnal biar lebih eksis dari malaysia.. INi alamatnya http://www.ejge.com/index_ejge.htm

Selasa, 17 Juni 2008

Melarikan diri

Aku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan,
untuk menentukan apa jadinya diriku.
Aku bisa melangkah memasuki gang itu,
menggapai mimpi dan mencoba melalui semua kesulitan yang mungkin terjadi
Atau aku bisa melarikan diri.

Akhirnya, aku melarikan diri.

HAPPY BIRTHDAY

to

ME


tgl 15 kmaren gue ulang tahun yang ke 21..
karena gue dah bokek traktir sana-sini..
jadi ga ada traktiran deh buat pengunjung blog..

Harry Potter dan Reliku kematian

Udah lama ga upload buku. Sekarang gue punya buku harry potter 7 Reliku Kematian pake bahasa indonesia.. Bentuknya pdf cuma biar enak dibaca biasanya gue copy ke word trus biar enak dibaca format tampilannya gue jadiin reading layout..

Siapa sih yang ga taw harry potter??

Semuanya pasti taw, novel yang punya 7 seri yang begitu fenomenal.. gue udah jadi maniak sejak gue smp, gue inget klo gue punya seri harry potter awal, yaitu 1 ampe 3.. cuma skrg bukunya udah ga taw ilang kemana, biasa ada yang minjem, trus dipinjemin m yang minjem, ampe ga taw udah orang keberapa, n ketiga buku tsb dah ilang jejaknya..

Buku harry potter ga nawarin inspirasi kayak novel laskar pelangi, tapi dia nawarin imajinasi. imajinasi yang menjadikan kita hidup di alam penyihir, merasakan ketakutan akan kembali nya Kau Tahu Siapa a.k.a Voldemort..

kebetulann dulu gue pernah download seri ke 7-nya, cuma gue lupa download dimana jadi gue upload lagi di rapidshare,, silahkan download disini

Jumat, 13 Juni 2008

Evaluasi 1/2 tahun

Sebelumnya gue pernah nulis di blog (klik disini) mengenai rencana yang bakal gue lakuin di tahun 2008. Setelah melewati hampir 1/2 tahun, gue ngerasa perlu dilakuin semacam evaluasi terhadap segala sesuatu yang udah gue lakuin dalam 1/2 tahun ini. Sebagai parameter peningkatan mutu dan kualiatas gue sebagai manusia dalam menghadapi daya saing global (maksa bgt).

Dari setiap rencana gue, tenyata hasil yang didapatkan jauh dari yang diharapkan. Rencana buat tidur lebih awal dari jam 12, keknya merupakan impian semu. Tapi dari evaluasi, gue yakin pada akhir tahun 2008 gue bakal tidur lebih awal, mungkin ga bisa start di bulan ini cause ada EURO. Tapi dengan keyakinan amat tinggi, hal itu bagi gue bukan mustahil. Sehingga rencana ini ga perlu dirubah ato diperbaiki cuma perlu tetep dijalankan lebih baik..

Pelajaran gitar classic gue mulai stagnan, rencana di akhir tahun bisa lagu Lie Jie agak tersendat gara2 kemalesan dan kesibukan gue. Waktu yang sempit ngebuat gue mulai berpikir klo maw jago classic paling ga butuh 2 tahun belajar.. ya, itupun udah cepet bagi orang yang rajin belajar..
Mungkin di akhir tahun gue paling ga maenin yang sedang2 dulu..

Harapan nilai TOEFL 550 harus dipenuhi apapun caranya. Walaupun gue sadari, klo bahasa inggris gue parah dan mungkin saat ini nilai TOEFL gue masih di bawah 500, tapi ga ada jalan lain bagi gue untuk terus belajar dan meningkatkan skill. Waktu yang ternyata selama 1/2 tahun ini kurang gue kasih buat belajar TOEFL harus dirubah, porsi buat belajar harus ditingkatkan.

Lulus dengan IPK >3.30..Gak mungkin liat IP gue sekarang.. target gue ubah menjadi >3.25..Itu lebih masuk akal..karena biarpun TA gue entar dapet A paling banter IPK gue 3.29

True Love..keknya tetep rencana lama, have fun with my fren

Senin, 09 Juni 2008

Stress

Tolong Gue Lagi Stress berat..

Kamis, 05 Juni 2008

Prospek lulusan teknik sipil gimana???

Nyambil2 browsing, baru aja gue ketemu n baca tulisan Priandoyo mengenai prospek lulusan teknik sipil..Tulisannya simple, pendek, dan nganggep prospek kerja lulusan teknik sipil bakal berat.. Dan respon terhadap tulisannya gede banget ampe 89 comment.. Rata-rata dari alumni teknik sipil..Baik yang optimis maupun pesimis ato sekedar curhat mengenai keadaannya sekarang..

Gimana sich sebenernya prospek lulusan teknik sipil????
Kebetulan gue juga termasuk mahasiswa tingkat akhir alias sudah siap buat lulus dan masuk ke dunia kerja..Jadi gue buat aja tanggepanny ..

Klo balik ke jaman gue smp dolo pas kerusuhan terjadi..Dunia teknik sipil bener2 kolaps..Pembangunan terhenti dan yang ada malah penghacuran.. Klo denger cerita dari dosen dan senior, lulusan teknik sipil saat itu sulit mencari kerja..Sehingga banyak yang banting stir ke bidang laen kerja dibank, asuransi, wiraswata, minyak, dll.. Dan untungnya dengan bantuan embel2 almamater, alumni teknik sipil ITB dapat bertahan bahkan dapat bekerja di bidang yang amat jauh dari ilmunya..

Liat dari pengalaman tahun 1998 kemaren, ga bisa dipungkiri klo teknik sipil amat bergantung dengan pembangunan yang terjadi. Dan pembangunan di Indonesia amat tergantung dengan dana APBN, dana hibah dan pinjaman luar negeri.. Sekarang dengan sulitnya APBN banyak pembangunan infrastruktur diserahkan ke pihak swasta, sayangnya tidak banyak investor yang mau akibat tidak stabilnya negeri ini.. Berharap dari dana pinjaman luar negeri, indonesia udah punya utang banyak, klo mau pinjem nanti banyak rakyat yang ribut, dan juga luar negeri juga takut minjemin, takut duitnya ga balik..

Hehehehe... jangan pesimis dulu...

Liat kondisi sekarang, sebenernya ada peluang besar dengan naiknya harga BBM dan otonomi daerah.. Sejak adanya aliran dana ke daerah, banyak daerah yang memiliki kelebihan uang dan melakukan pembangunan infrastruktur secara besar2an, cuma sayangnya belum banyak pembanguan proyek mercusuar di daerah, baru proyek berskala kecil dan menengah..Ga seperti dulu pas jaman sentralistik, pembangunan di jakarta begitu pesat dan gila..ya, maka resikonya kita mesti balik ke daerah..

Satu lagi, baru aja pemerintah naikin tarif BBM, dan dengan kenaikan tarif tersebut, pemerintah memiliki banyak dana lebih yang sebagian besar akan diperuntukkan untuk membangun infrastruktur.. Pembangunan banyak infrastruktur yang dulu ga banyak diminati swasta akan dilakukan sendiri m pemerintah..Tujuannya dengan peninggkatan infrastrutur diharapkan dapat memicu perekonomian..

Bisa dibayangin kan klo nanti bakal banyak pembangunan infrastruktur gede-gedean.. Bakal banyak gedung, jembatan, jalan, bendungan, yang bakal dibangun..Jadi teknik sipil bakal punya masa depan yang cerah banget.. Tapi ada syaratnya, asal yang demo2 sekarang, ga ngerusuh dan bikin ekonomi kita kacau balau lagi kayak dulu..

Waduh repot juga ya, kan yang demo dah banyak banget dan ngarah ke anarkis...
Gimana masa depan kita ya????

Masih banyak jalan kok, yaitu jalan yang ditempuh ama sebagian besar alumni itb yang lulus tahun 2000-an..

Yaitu, kerja di perusahaan asing..

Banyak alumni teknik sipil yang bekerja di perusahaan asing, khususnya yang berhubungan dengan minyak..Bagi yang pengen tetep bergerak dibidang sipil dapat bekerja di oil construction kayak McDermott..tapi yang bener2 nyimpang juga ga masalah, kayak kerja di Oil company macem Total, Exxon, Chevron, dll karena waktu ngelamar kerja disana yang penting lulus tesnya abis itu bakal ditraining lagi ma perusahaanya.. ato kerja di oil service yang lagi booming bgt skrg akibat gajinya yang gede macem slumberger..

kok gue ngomongin minyak mulu??
abis banyak temen2 teknik sipil angkatan gue yang sekarang pada sibuk ngelamar kerja di perusahaan minyak dan tambang padahal lulus juga belum...

klo ga maw kerja di perusahaan minyak ga apa2, masih banyak konsultan dan kontraktor asing yang beroperasi di Indonesia..kan masih di bidang teknik sipil.. lagian banyak pemerintah dan swasta di Indonesia yang masih percaya klo yang namanya asing2 itu lebih baik... syukur2 bisa kerja pada proyek2 mereka di luar negeri..tapi maw kerja disana syaratnya berat banget, mesti jadi yang paling pinter di Indonesia..

trus jalan lain masih ada ga?..ya, pergi keluar negeri aja..

cari beasiswa buat ngambil kuliah master ato cari kerja di negara2 yang lagi ngebangun dengan pesat kayak Singapure m Malaysia ato negara2 Arab kayak Qatar ato Uni Emirat Arab..

Kok gue gampang banget ngomongnya???Ga nasionalis ni??

Klo maw berkarir di bidang teknik sipil di Indonesia harus memperhatikan perekonomian negara..Trus perekonomian kita begitu bergatung keadaan politik dimana saat ini politikus lagi pada berantem.. Sebenernya prospek teknik sipil bakal cerah bila tidak terjadi ribut2 bbm yang bisa bikin chaos....Semoga aja negeri ini ga bakal ribut2 dulu, dan bisa ngebangun banyak infrastruktur, biar lulusan teknik sipil kayak gue bisa cari duit...benerkan temen2???

Selasa, 03 Juni 2008

orang jatuh pas maen es skating


















Ini kerjaan gue klo maen es skating..
Motoin orang2 pada jatuh..Asik.

Senin, 02 Juni 2008

Plasticity and Geotechnics

Bagi yang ngambil Pondasi Lanjut dari Dewa Tanah Pa' Toha mungkin banyak yang masih inget klo gue pernah ngebuat pelajaran pak toha menyimpang sedikit (lumayan ampe 1/2 jam).. Bagi yang ga taw, gue bakal ceritain sedikit..

Ceritanya gini, Pa Toha klo ngajarin pondasi dalam seneng banget dengan metoda load transfer dan teori elastis poulos buat ngeramal kapasitas dan deformasi dari pile.. Setiap metoda memiliki keunggulan dan kekurangan masing2.. klo Load transfer berdasarkan penyusunan kurva t-z, q-z, dan p-y dari data percobaan dilapangan sedangkan teori Poulos berdasarkan teori elastis (mekanika bahan)..

Teori Load transfer memiliki keuntungan karena dapat mengambarkan soil-structere interaction yang terjadi pada pile yang diberikan tegangan..Akan tetapi, metoda ini memiliki kelemahan karena untuk pile groups metoda ini tidak dapat memperkirakan pengaruh dari pile yang dibebani dengan pile lainnya. Untuk menyelidiki hal tersebut diperlukan penyilidikan untuk berbagai macam konfigurasi pile groups dan jenis tanah.. Dan untuk mendapatkan kurva q-z, t-z, dan p-y untuk berbagai macam konfigurasi dan jenis tanah dibutuhkan waktu yang sangat lama.. Sehingga untuk perencanaan pondasi kelompok umunya digunakan faktor reduksi alpa terhadap kurva load transfer single pile..Nilai alpa tersebut diasumsikan..

Teori yang lainnya yaitu Poulos menganggap tanah sebagai material yang memiliki nilai modulus Young. Dengan menggunakan teori elastisitas dapat diketahui pengaruh yang terjadi bila suatu pile diberi tegangan terhadap pile lainnya.. Sehingga metoda ini dapat lebih baik dalam menggambarkan pile groups.. Akan tetapi metoda ini memiliki kelemahan yang amat sangat mendasar yaitu asumsi tanah sebagai suatu material..Ternyata Es tanah tidak seperti material lainnya (baja dan beton). Dalam penentuan Es, Poulos menyarankan menggunakan Es dari back calculate.. Karena sifat tanah (Es) tanah yang tidak linier.. Sehingga penentuan Es amat sangat penting..

Kemudian dalam desain Pa Toha bercerita klo dia pernah mendesain Jembatan Balerang dengan me-mix metoda tersebut yaitu dengan mencari faktor reduksi alpa yang didapat dari metoda Poulos dan alpa tersebut digunakan sebagai alpa reduksi untuk metoda load transfer..

Menanggapi hal tersebut, gue bertanya pada pak Toha mengenai apa yang dikatakan oleh buku ini.. Buku ini menawarkan berbagai metoda untuk menutupi kelemahan teori Poulos, berbagai macam model tanah spt model mohr-coulomb, soil softening, soil hardening, soft soil creep, dll untuk menutupi kelemahan sifat tanah yang non-linear tersebut.. Berbagai metoda numerik dibahas dan dalam analisanya digunakan finite element (elemen hingga).. Bagi mereka yang membuat Tugas Akhirnya dengan software Plaxis mungkin udah familiar..Pak Toha bercerita bahwa mengenai hal ini dia telah melakukan debat kusir yang panjang dengan dosen-dosen geotek lainnya dan ga ketemu titik temu..

Metoda yang ditawarkan dalam buku ini menurut Pa Toha tidak lebih dari interpolasi dari kurva tegangan-regangan tanah dan tetap tidak dapat menggambarkan soil-structure interaction. walaupun dalam metoda elemen hingga telah dicoba diatasi dengan memberikan elemen interface antara structure dan soil, tapi tetap belum menggambarkan kondisi sesungguhnya..Emang secara teoritis metoda ini memiliki dasar teori, tetapi menggambarkan tanah sebagai suatu material yang umum mungkin bukanlah hal yang tepat.. Dan untuk mengharapkan data untuk menyusun kurva load transfer untuk berbagai jenis dan konfigurasi mungkin akan membutuhkan waktu yang lama..

Klo Pa Toha bilang, dua metoda ini sedang berlari dan berlomba untuk mencapai kesempurnaan.. Dan dia tinggal menunggu siapa yang memenangkannya..

Inilah buku yang ngebuat kuliah Pondasi Lanjut kemaren jadi semacam perdebatan..Silahkan didownload apalagi yang TA pake Plaxis pasti dapat menambah referensi..

http://mihd.net/9uimr6/

http://rapidshare.com/files/71692401/Plasticity_and_Geotechnics.rar

Buat yang pengen taw informasi tambahan mengenai deskripsi buku ini bisa dibuka di:

Amazon.com


Gigapedia.org

Sabtu, 31 Mei 2008

Ujian dalam Kegelapan

Nonton televisi ga kemaren??

Di tv banyak bener kota-kota yang mengalami pemadaman lampu ma PLN..Malah sampe kejadian kecelakaan n kebakaran gara2 mati lampu.. Ga, kecuali bandung, banyak temen kosan gue yang kebetulan lampunya mati padahal sedang ujian dan mati lampunya parah lagi, lama banget..

Setau gue yang hobi mati lampu adalah kota asal gue, Palembang, tapi sekarang keknya udah mulai adil..Yang lucunya lagi ITB mati lampu juga sebagian..yaitu Sebelah barat mati lampu dan timur nyala. dibatasi ma jalan yang ada ditengah iTb melewati CC, Indonesia Tenggelam, ampe ke belakang itb.. MAtinya dari pagi ampe sore.. Dan kebetulan Sipil ada si sisi sebelah barat, maka lampunya mati hicks,hicks,hicks..Hari itu gue ada ujian, berharap dengan lampu mati ujian dibatalin (harapanny jelek bgt).. TErnyata ya, ujian jalan terus...

Minggu, 25 Mei 2008

puisi lagi


sebelum aku pergi untuk selamanya
aku ingin kasih tau

bahwa
bagiku mencintaimu itu
suatu kesalahan
tapi cinta itu tulus

dan
aku tidak akan pernah
meminta maaf padamu

Tetralogi Laskar Pelangi










Mengikuti fenomena buzz yang terjadi mengenai novel karya Andrea Hirata, omongan mulut ke mulut menjadikan novel ini fenomenal menyaingi novel Ayat-Ayat Cinta. Karya Andrea Hirata dah jadi best seller di Indonesia.. Gue masih inget novel ini dulu masih pake cover yang jelek dan tempatnya di gramedia masih dipojok.. Sekarang. novel ini udah punya hard cover dan berada di tengah dan dipajang sebagai best seller..Walaupun gue dah lama baca novel ini, gue pengen ikut jadi salah satu marketingnya andrea hirata dengan mengomentari novel tersebut.. Cause gue suka banget novel ini..


Novel ini bagus banget, begitu inspiratif kayak blog gue (narsis ni)..Di angkat dari kisah hidupnya andrea hirata dan dibumbui dramatisir..begitu menyentuh, sehingga ketika loe dah selesai membaca, loe akan merasa bahwa hidup loe begitu beruntung dan berusaha melakukan sesuatu yang berarti untuk menghargai hidup..

Setiap seri novel memiliki pesan moral, ringan, dan ada humornya. Berbeda dengan novel kalangan urban yang begitu mengumbar kisah-kisah humor jorok, cinta, hingga pergaulan bebas, Andrea Hirata dapat menceritakan kisahnya dengan santun..

Mengisahkan perjuangan Ikal, anggota Laskar Pelangi, hidup di pedalaman Belitung, pulau kaya timah dengan pantai begitu indah, tetapi kehidupan masyarakat asli belitung begitu miskin.. Ikal belajar di sekolah reyok SD Muhammadiyah, tetapi sekolah tersebut mengajarkan Ikal bermimpi. Ikal bermimpi dan begitu bersemangat bersama teman2nya dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita hingga akhirnya di novel ketiga, Edensor bercerita Ikal telah kuliah di Eropa..

Pesan gue selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya.

Gue kasih link e-booknya Laskar Pelangi, sengaja gue kasih rapidshare semua cause bagi gue rapidshare yang paling stabil servernya, walaupun habis download mesti nunggu dulu..maaf buat yang ga nyaman pake rapidshare..

Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__1_of_6_.pdf
Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__2_of_6_.pdf
Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__3_of_6_.pdf
Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__4_of_6_.pdf
Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__5_of_6_.pdf
Andrea_Hirata_-_Laskar_Pelangi__6_of_6_.pdf


Sang Pemimpi

Andrea_Hirata_-_Sang_Pemimpi__1_of_3_.pdf (bermasalah)
Andrea_Hirata_-_Sang_Pemimpi__2_of_3_.pdf (bermasalah)
Andrea_Hirata_-_Sang_Pemimpi__3_of_3_.pdf (bermasalah)


ato:
download Sang Pemimpi di ziddu.com

Edensor

Andrea_Hirata_-_Edensor__1_of_3_.pdf
(bermasalah)

Andrea_Hirata_-_Edensor__2_of_3_.pdf (bermasalah)
Andrea_Hirata_-_Edensor__3_of_3_.pdf (bermasalah)

ato:
download Edensor di 4shared.com:
Endesor 1
Endesor 2
Endesor 3

download Edensor di gilaupload.com (bermasalah)

Jumat, 23 Mei 2008

Foundation Coduto

Ini buku wajib buat yang ngambil Rekayasa Pondasi Pak Bigman..
Ni, linknya:

Rapidshare

Job Sucker

"Sam, loe lagi stress ye??"

"Tau dari mana loe?", gue balik nanya.

"tu di blog loe kayak orang lagi stress gara2 cew"

"huahahauha"

Kayaknya yang baca blog gue berpikir gue lagi stress gara2 cewek.. Kalian salah besar.. klo pun harus stress gue lebih milih stress akibat sekarang lagi ujian, tugas akhir gue ga kelar-kelar, n bentar lagi bbm naek dan nyebabkan barang2 bentar lagi naek..

Sekarang sebenernya lagi pause posting buat ujian, cuma karena lagi gatel pengen ngasih taw yang laen klo sekarang gue lagi ujian akhir semester..

Yups, hari jumat kemaren merupakan kuliah terakhir gue di itb.sekarang gue adalah calon pengangguran murni..Kenapa gue bilang murni, pada saat temen2 gue sibuk ngeapply lamaran ke berbagai perusahaan,eh gue malah ngundurin diri buat tes Total..satu2nya lamaran yang gue apply..

Pada saat temen2 gue berebut masuk ke perusahaan minyak m konstruksi minyak, gue malah ga maw..Alasannya simple karena gue nasionalis..Nasionalis ga bisa ngasih makan gue tapi gue nyadar klo mereka (Total, Shell, Cevron, Exxon,dll) sebenernya udah menipu bangsa kita..

Ya, ini usama yang sebentar lagi bakal menambah jumlah pengangguran di Indonesia..
dan gue punya ide buat menunda kelulusan gue di bulan oktober,biar ga jadi pengangguran dulu sekarang..

Sabtu, 10 Mei 2008

Lanjutkan Hidupmu Tanpaku

Nyambil buka2 arsip2 gue jaman doeloe, gue nemu puisi yang dah lama banget, begitu sedih sesuai m keadaan gue waktu kejadian itu.. Tapi masa itu kan dah berlalu..

Lanjutkanla hidupmu tanpa diriku
biarkanlah hidupku temukan kebahagian tanpa mu disisiku lagi

kupastikan diriku takkan pernah ada untukmu atau yang lainnya
ku takut diri ku, terlalu berharap akan tulusnya cinta mu
karna ku akui hanya dirimu yang terindah, dan takkan pernah dapat kulupakan

lanjutkan saja perjalananmu, jangan akhiri raut wajahku karna aku takkan memanggilmu.

Foundation Analysis and Design - Bowles

Di geotek (subjur sipil) ada buku yang lumayan terkenal yaitu buku bowles.. bukunya enak banget klo buat keperluan praktis.. terdapat berbagai macam contoh kasus dan penyelesaiannya, ga melulu berisi teori..
Klo maw e-booknya download aja di bawah, udah gue kasih linknya


link:

rapidshare

mihd

renungan “syukur”

Gue selalu berusaha untuk menjunjung originalitas, tapi karena kesibukan gue selama ini, gue selalu tidak punya waktu untuk menulis. Oleh karena itu, untuk sekali ini gue kutip dari blog pak wiryanto tulisannya menarik n blog nya jg termasuk blog yang rajin gue baca..

Adalah menarik dalam kehidupan ini.

  • Apakah anda merantau atau hanya tinggal di tanah kelahiran sampai dewasa.

  • Apakah anda pergi kemana-mana hanya beralas kaki atau tinggal perintah saja ke sopir, pakai mobil ber-AC.

  • Apakah anda harus bersusah payah untuk sesuap nasi atau tinggal jalan ke meja makan, tanpa tahu siapa dan dari mana lauk tersebut ada.


  • Apakah anda bersekolah setinggi gunung dengan gelar yang terlalu panjang untuk dituliskan, atau cukup bisa hidup tanpa menginjak bangku sekolah.

  • Semuanya bisa sama saja, tergantung cara orang tersebut menyikapi terhadap fakta-fakta yang dihadapinya. Orang-orang tersebut bisa saja sama-sama merasakan kebahagiaan atau juga sama-sama kekecewaannya. Itu kembali dengan cara bagaimana yang bersangkutan mensikapinya.Bisa mensyukuri apa-apa yang diterima dalam hidupnya, adalah salah satu unsur penting dalam memperoleh kebahagiaan hidup ini. Mensyukuri bagaimana Tuhan menjamahnya, memakainya dalam perannya memuliakan-Nya.

    Inilah gambaran yang aku maksud (trims ya yang ngasih renungan berikut).



    Jika anda rasa anda tidak bahagia.. Lihatlah mereka..





    Jika anda fikir kerja anda susah.. Bagaimana dengan dia..?




    Jika anda fikir gaji anda rendah.. Bagaimana dengan dia..?





    Jika anda fikir anda kurang kawan.. Lihatlah dengan siapa dia berkawan..




    Jika anda fikir belajar itu satu beban, apa pandangan terhadap anak ini..?






    Di saat anda berputus asa.. Renungkanlah pakcik ini..





    Jika pekerjaan anda serasa berat dan menjalani hidup penuh sengsara… adakah sengsara anda sehebat si dia..





    Jika anda mengomel tentang mengenai fasilitas publik , bagaimana dengan mereka.. ?




    Jika masyarakat anda tidak bersifat adil terhadap anda, apa tanggapan anda terhadap nenek ini..?

    Bagaimanakah dengan kehidupan anda ? Apakah masih juga diperlukan contoh untuk gambar di atas tentang kehidupan yang anda alami ?

    Semoga berguna, semoga hidup ini dapat dipandang sebagai sesuatu yang berharga untuk dapat disyukuri.

    Selasa, 15 April 2008

    Classic

    Tiap hari Yamaha C - 315 udah sohib sejati gue...Sesibuk apapun, gue pasti terus berlatih dengannya..Maw ngurusin TA kek, abis olahraga, begadang ngerjain tugas, nulis blog, maen bowling, maen bilyard, karoekean, tetep aja gitar gue kasih waktu tiap hari..

    Dulu gue begitu ga suka dengan namanya music,tapi tanpa sadar gue begitu suka dengan classic..
    thanks a lot to juli, gilang, teja..

    Emang beda rasanya klo bisa maen mussic classic, biarpun cuma bisa 4 lagu, anak2 udah pada bilang gue jago maen gitar..Kayak setengah dewa..

    Padahal mainin akustik gue ga bisa,kunci2 aja gue ga apal,
    boro2 maw maenin lagu popcuma gara2 jari2 gue hidup semua
    langsung terkesan eksklusif tetep aja yang goncang ga bisa..(padahal dasar bgt)
    ini akibatnya klo latihan cuma fingering dan tabulatur doang..

    Music classic identik sangat eksklusif lebih tinggi dari music apapun bahkan dari band maupun music jazz.. Musicnya para orang kaya, karena untuk belajar butuh les yang ga murah, dan hebatnya lagi yang jago classic ini biasanya jenius.. Itu yang gue lihat di ITB..

    Padahal gue belajar gitar juga baru, bener2 dari awal. bener2 ga pernah belajar gitar, cuma gue mulai belajar pas gue lagi down dan music classic bikin gue menyendiri, merenung

    Dulu gue ngeliat klo orang maen gitar itu ngejreng2 doang, pindah2 tangan terus di gejreng,
    dulu gua mikir ngapain sih belajar music klo cuma gejreng sana-gejreng sini
    tapi sekarang gue ngeliat dan dengaer yang bener2 namanya music

    Gitar yang gue beli tahun kemaren udah ngabisin duit bnyk, padahal itu gitar yamaha classic yang paling murah, tapi tetep aja mahal buat dompet,,

    Jadinya gue sayang banget

    Classic identik dengan orang yang pendiem dan penyendiri dan biasa orang bilang 'strange' ..
    bagi gue pribadi dia bukan orang yang ga bisa bergaul, tapi dia adalah orang yang lagi tidak ingin bergaul..

    Orang yang menikmati kesendiriannya....
    Mulai deh gue narsis ..............

    There's a reason why people say

    We shouldn't expect too much.

    No one wants to see someone they care about end up disappointed.

    We instinctively act

    To protect our own from being hurt

    And do what we can to make the right choices for the people we love.

    But the reason we have expectations in the first place

    Is because we wanna aim as high as we can.

    Because when you love someone,

    There's no limit to what you can accomplish.

    Sabtu, 12 April 2008

    PACAR BARU


    Gue pikir temen gue itu bodoh. Dia bilang klo dia udah punya pacar. Gue tanya siapa??Dia bilang skripsi. ANEH sungguh ANEH. Bagi gue, gimana ga ANEH? kok skripsi dijadiin pacar. Mending manusia beneran biarpun ancur kan tetep nyata gak maya.

    Tapi sekarang gue jadi sadar. Dulu gue nganggep remeh tugas akhir (namanya TA sejenis skripsi klo di ITB). Ga maw gue jadiin TA pacar. Ternyata sekarang gue harus ngasih waktu yang lebih buat TA gue bahkan melebihi waktu yang mestinya bisa gue kasihkan ke pacar.

    Waktu gue seperti dicuri olehnya, malem ketika gue maw tidur, susah banget. Seolah isi otak gue cuma TA dan akhirnya ketika setengah mati gue bisa tertidur, cuman pas bangunnya yang gue pikirin jelas TA. belom pas makan, maen, jalan2, kayak selalu ada aja TA diotak gue..

    Akhirnya gue harus jadiin TA sebagai pacar...

    Biar dia bisa selesai dan jangan ganggu hidup gue lagi.......

    Jumat, 04 April 2008

    Nilai Tugas Kompro Kelompok 14

    Lain Guru Lain Ilmu begitu juga Cara Nilainya..hehehe
    Nilai Kompro untuk Kelompok 14 dengan format NIM : nilai tugas1, nilai tugas2, nilai tugas 3

    * 16607004 : 100, 100, 100
    * 16607014 : 100, 93, 92
    * 16607024 : 100, 90, 100
    * 16607044 : 100, 93, **
    * 16607054 : 100, 80, **
    * 16607064 : 100, **, 90
    * 16607074 : 100, **, **
    * 16607084 : 100, 95, 92
    * 16607094 : 100, **, **
    * 16607104 : 100, 90, 96
    * 16607114 : 100, 93, 92

    Tugas yang belom dikumpulkan

    * Soft copy NIM :16607044 (Tugas 3), 16607054 (Tugas 3), 16607064 (Tugas 2),16607074 (Tugas 2 dan Tugas 3), 16607094 (Tugas 2 dan Tugas 3)
    * Hard copy NIM : 16607094 (Tugas2 dan 3)

    Tugas Soft copy harap segera dikumpulkan paling lambat pada hari Minggu, 6 April 2008 jam 24.00 ke da_melegeant@yahoo.com ato a_rafiudin@students.itb.ac.id Kalo belom dikirim sampe tgl tersebut nilai yang bakal dilaporkan ke Kordas Kompro adalah 0. Klo udah mengirimkan tugas harap meninggalkan comment dibawah (biar gampang ngeceknya)Tugas Hard copy dikumpulkan paling lambat pada saat praktikum selanjutnya..

    Kamis, 03 April 2008

    Nilai Tugas Kompro

    Nilai Kompro untuk Kelompok 15 dengan format NIM : nilai tugas1, nilai tugas2, nilai tugas 3

    • 16607124 : 98, 95, 96.5
    • 16607134 : 100, 100, 99
    • 16607144 : 100, **, 98
    • 16607154 : 100, 100, 97
    • 16607164 : 100, 100, 98
    • 16607174 : 100, 100, 98
    • 16607184 : 100, 100, 99
    • 16607194 : 98, 98, **
    • 16607204 : 100, 100, 100
    • 16607214 :100, 100, 98
    • 16607224: 100, 100, 97.5
    Tugas yang belom dikumpulkan
    • Soft copy NIM :16607144 (Tugas 2), 16607194 (Tugas 3)
    • Hard copy NIM : 16607144 (Tugas2 dan 3)
    Tugas Soft copy harap segera dikumpulkan paling lambat pada hari Minggu, 6 April 2008 jam 24.00 ke vailixi_iod@yahoo.co.id ato usama150@student.itb.ac.id. Klo belom dikirim sampe tgl tersebut nilai yang bakal dilaporkan ke Kordas Kompro adalah 0. Klo udah mengirimkan tugas harap meninggalkan comment dibawah (biar gampang ngeceknya)Tugas Hard copy dikumpulkan paling lambat pada saat praktikum selanjutnya..

    Mengenai jadwal asistensi pengganti jadinya kapan?????

    Nilai untuk kelompok Dede blom masuk,, ditunggu aja..

    Senin, 31 Maret 2008

    penantian

    Gue termenung
    di atas balkon lantai 3
    menatap langit

    Gue menunggu
    munculnya regulus
    di barat laut

    Gue tau
    dia bisa saja
    tidak akan muncul

    tapi,

    Gue akan tetap menunggu

    karena gue yakin,
    raja hutan
    selalu berada dihutan

    hanya saja,
    takdir belum mengizinkan gue
    untuk melihatnya sekarang

    Rabu, 19 Maret 2008

    voyage vie (Life's journey)


    Life is a journey.

    And the road we travel has twists and turns

    Which sometimes lead us to unexpected places

    And unexpected people.

    Terkadang gue ngerasa hidup gue itu bener2 sebagai suatu perjalanan. Perjalanan yang terkadang berjalan secara lambat dan kadang begitu cepatnya. Sperti Om Einstein bilang klo waktu itu relatif bukan paradoks.

    Saking cepetnya terkadang gue ngos-ngosan buat ngejer setiap deadline yang nunggu dan kadang nyantei banget sampe gue sendiri ga taw harus nikmatin hidup gimana lagi. Ini kalimat mutiara yang dalem banget, bagi gue.

    Setiap perjalalan hidup gue, semua begitu tidak pasti. Setiap planning yg gue tentuin belum tentu berjalan secara sempurna.. Hidup terkadang begitu mudah tanpa kesulitan berarti dan kadang begitu susahnya sehingga membuat gue cemas akan masa depan..

    Tapi beruntungnya gue selalu mempunyai orang2 yang selalu ada dalam hidup gue. Menjalani hidup bersama demi mencapai mimpi masing-masing dan kemudian berpisah demi mimpi itu juga.

    Dan sekarang dengan waktu yang tersisa di akhir itb, ga ada pikiran laen bagi gue selain untuk menghabiskan waktu gue bersama seluruh sohib-sohib gue. Sebelum akhirnya kita memilih jalan terpisah untuk kita tempuh masing2..dan berharap bakal berjumpa lagi dengan orang2 baru untuk tidak berhenti mengerjar mimpi.

    Buat agustinus, anju, haryo, zaka, iway, olan, haryo, coky, nurdin, rengga, dodi, leo, made, heri, dede, ratna, harry, irwan dan semua sohib gue yang ga bisa gue sebutin satu-persatu, inilah saat terakhir bagi kita untuk merangkai jalinan kisah untuk dikenang...

    The road we travel is unpredictable.

    Sometimes it's smooth,

    And sometimes it's filled with bumps.

    But if we're lucky...

    We find people to travel with us.

    Minggu, 16 Maret 2008

    Kerjaan weekend hari minggu

    Minggu jam 00.00 ngeliatin skor MU menang 1-0, gue jadi bete. Padahal gue ngarepin bgt MU seri biar jauh2 m Arsenal. Tapi sialnya pas babak dua jadi 1-0..

    Bete,,

    langsung dech gue ganti channel ke rcti. Tenyata ada film 'back to future 3', padahal film ini udah sering banget gue tonton, berhubung sindrom tidur malem gue lagi kambuh2 nya. nonton film yang udah ditonton berulang kali jadi menarik juga. Filmnya asyik bgt, waktu gue kecil gue suka bgt nonton trilogi film ini. Cerita filmnya tentang mobil yang berfungsi sbg mesin waktu, kebetulan cerita seri ketiga ini anak mudanya (pemeran utama) lagi kesasar di masa koboi gitu..

    Abis nonton film tetep aja ga bisa tidur,, klo lagi underpressure jadi gini..tiap malem mikirin TA yang ga kelar2, tetep aja nangkring di bab 1.tapi maw nambahin tulisan kayaknya susah banget. klo ngidupin kompie bawaannya maw browsing bentar, truss klo udah browsing jadiny lama bgt...

    Abis nonton, belom jg bisa bisa bikin tidur..langsung gue ngidupin kompie bentar, seperti yang bisa ditebak kerjaan gue buat surfing di internet ga berhenti..Huahaa..(mulut udah nguap gede-gede bgt tetep aja blom tidur) Sambil surfing gue buka blog dede, keren banget dia nurunin rumus DOTA. Ini gue kutip buat pembaca blog gue:

    Diketahui :
    x = DO, y = TA
    Asumsi :
    Maen Game warcraft DotA Allstar = DotA
    maka ,dengan mendekati rumus Aljabar linier :
    x + y =(Maen game warcraft DotA berhari2,ga mkn ga tidur cuma cuci kaki doang)
    DO + TA = DotA
    DO + TA + (-TA) = DotA + (-TA)
    DO = DotA - TA

    kesimpulan :
    Jangan Kebanyakan maen DotA woy...bisa ga kelar TAnya...hehehe (made in dede)

    Kan bagus rumusnya, akhirnya jam 4 gue nyadar klo gue harus tidur.ngebayangin rumus itu bisa bikin gue pusing..Setelah memejamkan mata ga jelas akhirnya ketidur juga..


    Jam 11.00 kurang 10 menit..

    Gorden kamar gue kebuka bgt. Sinar matahari masuk ke kamar bikin tidur gue ga nyaman, tapi hebatnya gue bisa tidur n bangun jam 11 siang. Pas bangun mata gue sakit, kepala gue pusing, kok bisa gue tidur lelap tapi sinar matahari nerangin kamar gue.. Sambil bangun dengan kepala berat gue ambil hape gue.. Sialnya di agenda hape gue ada tulisan gini

    nikahan ramdan jam 11-15 di gang haji nur
    skrg jam 11 kurang bikin gue males bgt bangun.. mata gue sakit, kepala gue pusing. Biarpun tidur gue 7 jam, gue yakin bgt klo tidur gue itu masih kurang. sinar matahari ngurangi kenyenyakan tidur gue. 2-3 jam gue tidur tanpa cahaya. sisanya 4 jam silau kena sinar... megang hape mikir,,'ini rasanya klo udah tua, banyak acara kondangan'.. Di kepala gue langsung nongol tulisan
    Pergi..ngga..pergi...ngga..pergi..ngga..
    daripada pusing sms dede aja. klo dia pergi, gue pergi.. ternyata dede pergi.. waduh males bgt..

    Taw dede pergi gue jadi langsung mandi. Mandi gue lumayan lama, karena perginya ke acara kondangan sapa taw gue ketemu cewek cakep. lumayan sapa taw dateng ke acara nikahan bisa dapet calon bini. wekekeke

    Mandi lengkap bgt pake gosok gigi, sampo, sabun dan pembersih wajah. abis mandi, sambil joget2 dikit depan cermin ngolesin rexona di ketek biar ga baw + gatsby cologne ke badan. pake baju batik(sbrny bkn motif batik tp kayak songket) bawahan celana jeans.. Sambil ngaca2 nyemprotin bvlgari aqua biar wangi, pake sepatu, trus ngunci kamar.. pergi ke t4 van_joule, kita brngkat bareng dari sana.

    sialnya nyampe di t4 van_joule, yang pake baju ginian cuma gue m james doank, 8 orang sisa pada pake kemeja.... sial...

    Berangkat ke kondangan, salam2an, makan dan foto-foto..

    Abis kondangan yang begonya anak-anak ngajak maen bowling...
    tega bgt m gue yang pake batik gini, masak masuk t4 bowling.. abis maen bowling tetep aja kejem, masak maen bilyard juga,

    udah dech lengkap balik kondangan pake baju batik trus maen bowling, trus maen bilyard.. untung abis bilyard gue cabut duluan klo ampe ada acara makan2 di BIP mampus dech gue..
    masuk mall pake batik

    (inilah akibatnya klo salah kostum sendirian)..

    Mimpi Salju

    Dewa salju
    berikan aku kekuatan
    biar dapat mengunjungi
    negerimu

    ku telah berjanji
    untuk pergi
    dan meninggalkan

    menuju dunia asing

    Puji syukur

    Agak cukup lama gue ga nulis di blog ini. Sebenernya banyak banget yang pengen ditulis, begitu banyak kejadian yang gue alami dari tulisan terakhir gue about love. Setelah tulisan itu gue akhirnya menutup blog FS gue dengen posting terakhir 'sbuah penghargaan terakhir dari gue'. Banyak banget hal yang pengen gue tulis tapi setiap gue buka blog ini. Rasanya tangan gue kelu' banget buat nulis, seolah-olah ga ada energi yang meluap-luap kayak biasanya gue nulis. Padahal begitu banyak kejadian yang gue jalanin, jalan2 eskursi HMS ke anyer, akhirnya mimpi asisten tkabul juga, peringkat paling bawah di liga bowling, tugas akhir gue yang jalan ditempat, latihan gitar classic yang nyapek'in bgt(kapan gue selevel m Lie Jie), akhirnya namatin 3 dari tetralogi Laskar Pelangi (novel hiperbolis sejati), ngeliat temen2 gue bisa lulus 3,5 tahun dr ITB saluut..(padahal itu2 cita2 gue dulu sampe tahan ngelawan dosen yang nyuruh benerin nilai dulu, sayangnya mimpi gue mesti gue titipin m orang laen), trus yang pada lulus cepet udah ngetake tempat keluar negeri bener-bener bikin gue iri.

    Tapi yang kejadian yang buat gue bener2 berpikir klo gue ini termasuk manusia yang sangat beruntung. Saat ini ada temen gue yang berjuang melawan penyakit kanker otak, dengan keadaan yang bisa dibilang hampir mati penuh infus di badan dan tanpa dapat mengetahui kapan nyawa akan dicabut. Terkadang gue ga taw harus ngapain, beberapa kali dia minta maaf gue atas kesalahanny. Tapi selalu gue bilang 'gue ga bakalan maafin loe klo loe ga berjuang untuk tetap hidup'. 'Gue baru maw maafin klo loe dah sembuh'..Gue sengaja ngomong kayak itu agar dia punya semangat untuk hidup, tapi sebenernya kelihatan kejem juga. Pernah dia bilang klo dia ngerasa nyawa bakal dicabut tp tetep aja ga gue maafin juga. gue ga suka ngeliat dia nyerah. Bagi gue pribadi semangat untuk tetap hidup itu penting. Sesulit apapun, kita harus hidup untuk memberikan karya selama waktu hidup. Mungkin pendapat gue salah tapi paling ga, gue pengen dia punya semangat untuk hidup.

    Jadi inget juga dulu ada temen gue yang kena kanker payudara, tp gue skrg dah lost contact, td coba gue sms tp pending. Sedih klo liat jaman sekarang kok banyak banget penyakit yang namanya kanker, seolah itu penyakit yang wajar bgt.

    Ngeliat keadaan mereka yang berjuang bikin gue bersyukur bgt atas karunia tuhan.....

    Sabtu, 23 Februari 2008

    Kisah Cinta TERPAHIT

    Tahukah kalian salah satu dari kisah cinta yang paling menyedihkan di muka bumi ini...

    Cinta yang patah berkeping-keping karena selingkuh dan penghianatankah yang paling menyakitkan?
    BUKAN
    Cinta yang dipaksa putus karena perbedaan status, harta benda, dan agamakah yang paling menyesakkan?
    MASIH BUKAN
    Cinta yang menjadi dingin karena penyakit, penganiayaan, dan kebosanankah yang paling menyiksa?
    TIDAK
    Atau cinta yang terpisahkan samudra, lembah, dan gunung-gemunung yang paling pilu?
    SAMA SEKALI TIDAK

    Bagaimanapun pedih yang dilalui kedua sejoli dalam empat keadaan itu mereka masih dapat saling mencinta atau membenci. Namun yang paling memilukan adalah cinta yang tak peduli. Karena itu seorang filsuf yang siang malam merenungkan seni mencinta telah menulis 'love me or just hate me, but spare me with your indefference' cintai aku atau sekalian benci aku, asal jangan tak acuhkan aku'.


    Senin, 18 Februari 2008


    When I was in the chair, all I could think about

    Was losing my memories of the Aiedail,

    Memories like the one we were making

    I didn't know what lay ahead for me,

    But I knew that I would never have to face it alone.

    Maen boling m anak2









    Ini lagi maen boling di Plago,, pas game pertama nilai gue lumyan,, tapi pas terakhir kok paling bawah.. Hicks..hicks..hicks..

    Rabu, 06 Februari 2008

    4 Sehat 5 Sempurna Ank ITB

    Apa sich maksud nya?Makanan ank ItB..
    Bukan..
    Yang dimaksud adalah apa aja yang ngebuat anak ItB menjd Sehat n Sempurna..
    Klo maw taw gw sebutin nich atu-atu:
    1. Games
    Semua dah pada taw ank ItB klo nge games bisa ngelupain kuliah baik yg offline maupun yang online
    2. Film
    Nah dengen adanya jaringan internet n intranet ada bejibun film n serial drama dari barat, korea, n jepang..Tinggal download plg bbrp menit terus nonton dech biasanya begadang ampe pagi n bs ga kul selanjutnya
    3. Komik
    Selain dr buku komik yg dibeli ato ngerental.. Ada juga yang dari manga scan yg bs d download dr server itb juga..Jadi bs baca komik langsung tamat ato lebih dulu dari komik yang beredar di pasaran.
    4. Kuliah
    Waduh dengen seabrek kesibukan ank itb bs dikatakan sehat klo ipnya jg bagus
    yah standar2 aja asal d atas 3..Kn ip ank itb jg ratanya kepala 2..

    Tp keempat hal itu jarang terjadi komplit dalam tubuh 1 orang mahasiswa..
    Jarang yang hobi games,komik, film, kuliah sukses semua..Hobi nge games belum tentu hobi film.. Sulit ditemukan orang yang bisa menyatuin dirinya dlm 4 komunitas tsb..Komunitas games, komunitas film, komunitas komik, ato komunitas ank yang sukses kuliah

    5 Sempurna???
    Yang kelima tentu aja WANITA
    Mengutip film Jomblo kampus yang perbandingan mahasiswa n mahasiswi yang ga adil mahasiswa itB bener2 menjadi sempurna klo sukses dengan kehidupannya bersama wanita...

    4 Sehat 5 Sempurna
    Klo gw??
    termasuk orng yg berjuang untuk menjd sehat n sempurna cos gw blm sehat apalagi sempurna
    ^_^

    Selasa, 05 Februari 2008

    word from KYLE XY


    Life is a puzzle

    Every piece fits together

    to create who we are

    what we do,

    how we feel.

    Every experience shapes us

    into who we will eventually become.

    Senin, 04 Februari 2008

    Bujang2 Homo maeN eS Skating

    Nich.. pic klo para homo maen ice skating :









    GUE SELALU SUSAH TIDUR.
    BARU TIDUR KALO UDAH > JAM 12 MALEM..
    TAPI GUE PENGEN BELAJAR UNTUK TIDUR LEBIH AWAL MULAI DARI MALEM INI...

    NITE....

    Minggu, 03 Februari 2008

    Tanggal 3 Februari

    Ternyata gue bener istirahat,, tidur ampe 12 jam (what's up).. Tidur jam 11 malem bangun lagi jam 11 siang...Abis nonton shooter tidur,, film yang dari bulan kemaren udah distok Haryo tapi ampe skrg belom ditonton... Akhirnya gue semalem bisa nonton juga..

    Bangun akibat kelamaan tidur jadi pegal2..Susah banget bergerak.. Udah setengah jam tidur-tiduran gonta-ganti channel televisi dak jelas.. Langsung ngidupin kompie.. Nunjukin klo gue always online... Narcis....Trus bingung ga taw maw ngapain lagi.. Yasuw,, nich gue posting aja..

    Trus gue maw makan...

    Sabtu, 02 Februari 2008

    Nyampe 100 hits

    Kok bisa yach???

    Gue juga ga ngerti tapi yang jelas seneng banget klo jumlah hits nya bisa nyampe 3 digits..
    Keren kan????
    Tapi bingung juga, klo lebih diperatiin lagi. Gue kan jarang nulis terus hasil tulisan gue ga ada komennya.. Nah loh???

    Apa hantu yang nge klik blog gue mulu.. biar nyampe 100 Hits.

    yang penting gue ucapin slamet dulu buat BLOG gue yang sudah dikunjungi 100 kali....Moga kena timpuk slamet, nah loh>???


    Btw, bentar lagi Valentine's day, pasangan belom ada.. maw beli coklat buat calon pasangan.. ntar dulu ahhh... Penting bulan Februari ini,, dukung Sriwijaya FC dulu di Senayan and beli metronome buat maen guitar...cie...cie...cie...

    aKHiRnYa bIsA iSTiraHaT JuGA

    Kok bisa istirahat ????

    Maksudnya ???

    Iya persisnya mulai tahun ajaran baru ini dimulai dengan lumayan 'melelahkan'.. Ga taw kenapa gue akhirnya balik kebandung bareng bokap, tepatnya bokap gw maen kebandung.. Bokap cuma pengen jalan2 aja kebandung sekalian liat kosan anaknya yang baru (usama ini kerjanya kayak kucing beranak, kosan yang sekarang merupakan kosannya yang ke-empat) wuiihh.. Kok ada bokap malah perasaannya rese' kan harusnya asyik..

    Yang jadi problemnya itu bokap gue dibandung itu banyak pekerjaan,, nah jadinya gw kayak jadi supir muter2.. Bagi gw ga terlalu masalah, cause gue juga ga ada kerjaan.. Niat balik cepet buat ngikut pelatihan soft skill yang katanya wajib, ternyata ga ikut sekarang juga ga apa2 kan ntar ada lagi bulan juni.. Lumayan capek juga.. Trus yang paling susah itu nyari makan., wuih repot banget nyari makannya.. Mau makan di kantin bu Lies yang sebelah kosan, ga bisa ditelen, rasa sunda.. Makanan jawa pasti ga bisa masuk.. Maw makan di cafe tenda (warung makan) pinggir jalan ga mungkin,, masak ngajak bokap makan ditempat yang masak pake minyak jelantah.. Masak mesti makan padang terus,, lagian makan padang ga terlalu cocok juga trll banyak kuah.. Untung aja pas akhir2 ada bisa di ajak ke rumah makan raja melayu..Biarpun resto nya ga ada suasana melayu nya cuman makanannya bisa juga la masuk...

    Abis semingguan bokap di bandung.. Nah giliran temen2 smp gue, yoko n denny.. Apalagi datengnya selip dikit ma pesawat bokap.. Pesawat denny itu dateng ke bandung yang nantinya jadi pesawat bokap gw balik ke palembang.. Wuihh, sekarang ganti giliran.. Untungnya denny bawa duit ga terlalu banyak jadinya muter2 ga terlalu sering malah pesawatnya dipercepat balik yang harusnya selasa dicepetin ke sabtu,, taw kan klo duit sekarat.. Lagian denny pengen balik bareng yoko...

    Tapi gue sempet shock juga pas mereka maw pulang, taw2 riki temen sd gue ngesms maw maen kebandung juga pas banget yoko m denny pulang...
    Wuih bakal capek berat nich.. Untungnya abis ngater mereka balik, gue konfirmasi ke riki ternyata ga jadi Di trisakti lagi ada ujian...

    Untung2...

    trus paling riki ntar dateng ke bandung bisa bareng m ebby (gue denger ntar sktr tgal 10 -an ebby mau ke bandung)

    Mumpung sekarang lagi nganggur istirahat dulu.. Senin dah mulai kuliah...

    z z z z z z z z z z z z z z z z

    Sabtu, 19 Januari 2008

    Lagi di Palembang

    Saat ini lg balik ke kota asal gw PALEMBANG

    Kamis, 10 Januari 2008

    TAHUN BARU

    Sebenarnya perayaan tahun baru 2008 kemaren gw berharap bgt untuk menjadi lebih menarik dari tahun sebelumnya. Jika gw flashback ke perayaan tahun baru 2007, gw menghabiskan malam pergantian tahun baru gw, dengan menyendiri dikosan berada di lantai paling atas. Melihat kembang api yang melingkar mengelilingi Bandung dan pusatnya di tengah kota. Indah banget, kembang api yang bergantian hidup mengeliling bandung. Trus gw ngidupin sendiri kembang api gw tipe fireball (itu yang nembak ke atas) dan air mancur ditemenin m Yudi (temen kosan). Rencana gw beli kembang api buat ngerayain tahun baru m pacar (ex-red) tapi ternyata gw di bandung. Dari pada ga kepake ya gw hidupin sendiri, Sedih sich.. Tp waktu itu gw nikmatin aja.

    Dan yang lebih sedihnya lagi sekitar 2 minggu setelah acara tahun baru itu, kita PUTUS. Sialny, gw dicampakkan.. Yups, demi mantannya dulu.....
    Anjing la..
    Setelah itu gw ngejalin hidup gw di 2007 dengan berjuta-juta pertanyaan yang entah kayaknya ga bakal kejawab.

    Gw berharap perayaan tahun baru 2008 ini jauh lebih indah supaya gw bisa ngejalanin hidup gw di 2008 lebih bahagia. Tapi ternyata tetep aja ternyata perayaannya lebih buruk cuma kali ini gw ga terlalu menyesal cause ngebantu temen gw.
    Pas tanggal 31 Des 2007, gw ga taw maw ngerayainnya bareng siapa. Gw ga maw biarpun perayaannya menarik klo hati gw ga disitu. Gw nyari dimana hati gw bisa berada disana dan nyaman. Pas sore taw2 temen gw Ricki yang kul di Trisakti ngesms gw klo dia mw ke Bandung. Gw pikir ga ada salahnya gw coba suasana baru. Dia kan dateng demi ceweknya, sapa taw bisa asyik aja dengen orng baru. Malemnya gw jemput di BTC pasteur. Dan kejadian terburuknya datangla, cewekny menghilang, hape ga bisa dihubungi, kosannya ga taw, yupsss bagai menghilang ditean bumi. Gw jd ngasih advice gini, loe dikerjain...!!!!!!!!!!

    Buat mengibur diri gw ngajak dia muter2 pake kaki. Sebelum pergantian tahun daripada bete qt rencana maw maen DOTA aja di comando. Pas lg jalan eh taw2 hujan. Beruntungnya hujannya di depan asrama sumsel jadi numpang bteduh. Sebenernya asrama punya acara bakar ayam cuma ya bawaan suasana jadinya gw m ricki cuma dikamar husni menatap langit2 ngelewatin pergantian tahun. Boro2 maw liat kembang api keluar aja males. Jam 1/2 4 qt cabut terus maen Dota. Subuh balik ke kos. (cb gw jalan brng anak sipil mungkin gw udah karokean)

    Siang tidur aja......

    Tp untungla akhirnya ricki bisa ketemu jg m cewek itu setelah disms.. Berkat sms gw yang bunyiny gini.. Gw harap gw bisa ketemu loe, malem ini gw balik, n klo qt ga ketemu gw udah ngambil kesimpulan sendiri dari tindakan loe. Bunyi persis gw lupa cum intinya kayak gituch..

    Trus apa yang terjadi, dia langsung bisa dihubungi, dia langsung bales dengan bunyi, Maksud loe ap?
    Dari yang ga jelas dia dimana, semua mulai menjadi jelas n akhirnya temen gw bisa ketemu m dia.

    Emang bener yang paling dibenci makhluk wanita itu dimusuhi dan dilupakan.

    Dengan perayaan tahun baru kemaren gw jadi lebih banyak merenung dan belajar untuk ngadepin tahun 2008 ini. Gw taw klo tahun ini merupakan tahun menentukan dalam hidup gw, langkah gw di masa depan ditentukan m tahun ini. Tahun dimana gw lulus (amin). Ada satu pertanyaan yang menentukan yaitu:

    where will I be on next ten year?

    Dulu gw gw bisa jawab dengan I wanna be with u
    tp itu udah bullshit.....

    Gw berencana membuat gw di tahun 2008 ini sebagai robot yang menjalankan berbagai target dan parameter forgetting semua masalah perasaan n love's suck. . Planning gw itu isinya ini:

    • Tidur dibawah jam 12.00. Dulu gara2 masalah ini gw sering ga bisa tidur, akhirnya gw membuat hidup gw untuk menikmati ga bisa tidur. Gw atur matakuliah gw semua diatas jam 11 siang supaya klo gw tidur jam 3-an gw bisa bangun buat kuliah. Buat tahun depan gimana pun caranya gw harus tidur dibawah jam 12
    • Belajar lagu classic ampe level lbh tinggi. Syukur2 di akhir tahun bisa 1 lagu Lie Jie. Gara2 banyak pikiran gw jadi bljar gitar classic. Gw berharap gitar yamaha c-315 yang gw beli kemaren bisa maenin lagu2 jago. Musik classic emang music elite, dimana ga semua orang bisa. Apalagi di Palembang, klo balik udah bisa kayak 1/2 dewa. Cuma gw belajar bukan buat menjadi elite, gw beljar agar pikiran gw bisa tenang, yach supaya gw bisa menghadapi masalah dengan lebih baik dan melupakan kesedihan gw.
    • TOEFL >550. Gw punya niat lulus langsung pergi keluar negeri (AMIN). Gw punya janji yang harus gw tepati.
    • Lulus IPK > 3.30 (amin) kuliah emang buat belajar cuma, yang kita pelajari dinilai dari IPK biarpun kita goblok klo ip gede tetep dianggep pinter, inilah sistem pendidikan Indonesia
    • True love. Kata ramalan gw bakal nemuin cinta sejati gw tahun ini, tp gw ga peduli..Love's suck