Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Senin, 02 Juni 2008

Plasticity and Geotechnics

Bagi yang ngambil Pondasi Lanjut dari Dewa Tanah Pa' Toha mungkin banyak yang masih inget klo gue pernah ngebuat pelajaran pak toha menyimpang sedikit (lumayan ampe 1/2 jam).. Bagi yang ga taw, gue bakal ceritain sedikit..

Ceritanya gini, Pa Toha klo ngajarin pondasi dalam seneng banget dengan metoda load transfer dan teori elastis poulos buat ngeramal kapasitas dan deformasi dari pile.. Setiap metoda memiliki keunggulan dan kekurangan masing2.. klo Load transfer berdasarkan penyusunan kurva t-z, q-z, dan p-y dari data percobaan dilapangan sedangkan teori Poulos berdasarkan teori elastis (mekanika bahan)..

Teori Load transfer memiliki keuntungan karena dapat mengambarkan soil-structere interaction yang terjadi pada pile yang diberikan tegangan..Akan tetapi, metoda ini memiliki kelemahan karena untuk pile groups metoda ini tidak dapat memperkirakan pengaruh dari pile yang dibebani dengan pile lainnya. Untuk menyelidiki hal tersebut diperlukan penyilidikan untuk berbagai macam konfigurasi pile groups dan jenis tanah.. Dan untuk mendapatkan kurva q-z, t-z, dan p-y untuk berbagai macam konfigurasi dan jenis tanah dibutuhkan waktu yang sangat lama.. Sehingga untuk perencanaan pondasi kelompok umunya digunakan faktor reduksi alpa terhadap kurva load transfer single pile..Nilai alpa tersebut diasumsikan..

Teori yang lainnya yaitu Poulos menganggap tanah sebagai material yang memiliki nilai modulus Young. Dengan menggunakan teori elastisitas dapat diketahui pengaruh yang terjadi bila suatu pile diberi tegangan terhadap pile lainnya.. Sehingga metoda ini dapat lebih baik dalam menggambarkan pile groups.. Akan tetapi metoda ini memiliki kelemahan yang amat sangat mendasar yaitu asumsi tanah sebagai suatu material..Ternyata Es tanah tidak seperti material lainnya (baja dan beton). Dalam penentuan Es, Poulos menyarankan menggunakan Es dari back calculate.. Karena sifat tanah (Es) tanah yang tidak linier.. Sehingga penentuan Es amat sangat penting..

Kemudian dalam desain Pa Toha bercerita klo dia pernah mendesain Jembatan Balerang dengan me-mix metoda tersebut yaitu dengan mencari faktor reduksi alpa yang didapat dari metoda Poulos dan alpa tersebut digunakan sebagai alpa reduksi untuk metoda load transfer..

Menanggapi hal tersebut, gue bertanya pada pak Toha mengenai apa yang dikatakan oleh buku ini.. Buku ini menawarkan berbagai metoda untuk menutupi kelemahan teori Poulos, berbagai macam model tanah spt model mohr-coulomb, soil softening, soil hardening, soft soil creep, dll untuk menutupi kelemahan sifat tanah yang non-linear tersebut.. Berbagai metoda numerik dibahas dan dalam analisanya digunakan finite element (elemen hingga).. Bagi mereka yang membuat Tugas Akhirnya dengan software Plaxis mungkin udah familiar..Pak Toha bercerita bahwa mengenai hal ini dia telah melakukan debat kusir yang panjang dengan dosen-dosen geotek lainnya dan ga ketemu titik temu..

Metoda yang ditawarkan dalam buku ini menurut Pa Toha tidak lebih dari interpolasi dari kurva tegangan-regangan tanah dan tetap tidak dapat menggambarkan soil-structure interaction. walaupun dalam metoda elemen hingga telah dicoba diatasi dengan memberikan elemen interface antara structure dan soil, tapi tetap belum menggambarkan kondisi sesungguhnya..Emang secara teoritis metoda ini memiliki dasar teori, tetapi menggambarkan tanah sebagai suatu material yang umum mungkin bukanlah hal yang tepat.. Dan untuk mengharapkan data untuk menyusun kurva load transfer untuk berbagai jenis dan konfigurasi mungkin akan membutuhkan waktu yang lama..

Klo Pa Toha bilang, dua metoda ini sedang berlari dan berlomba untuk mencapai kesempurnaan.. Dan dia tinggal menunggu siapa yang memenangkannya..

Inilah buku yang ngebuat kuliah Pondasi Lanjut kemaren jadi semacam perdebatan..Silahkan didownload apalagi yang TA pake Plaxis pasti dapat menambah referensi..

http://mihd.net/9uimr6/

http://rapidshare.com/files/71692401/Plasticity_and_Geotechnics.rar

Buat yang pengen taw informasi tambahan mengenai deskripsi buku ini bisa dibuka di:

Amazon.com


Gigapedia.org

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hi,,,, salam kenal az,,,
gw ucha mhasiswi teknik jurusan sipil dari unhas mksr.
skrg lagi konsentrasi k geoteknik juga,
awalnya dah pernah coba konsentrasi struktur tapi g' ngerasa feelnya az,,, tapi bagi temn2 aku katanya struktur dah paz bgt,,,
taun ini ngulang lagi deh,, ngambil konsentrasi geoteknik, tapi pas masuk kuliah gitu,, gw merasa g' ada apa2nya sama sekali,, kosong bro!!!!!
makanya pusing deh,,, hrus mulai dari mana, palagi klo ngerjain tugas
palingan seadanya az,,,, eh mo nanya neeh...

lo kan lbih pengalaman dri gw,, minta solusinya dong biar gw tetap fight di geo,,,
palagi mata kuliah elemen hingga sama dinamika tanah,,,

ampun dj!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1