Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Senin, 26 Januari 2009

Angka keamanan buat Pondasi Dalam

Dari tulisan gue tentang Perlunya Standar yang Baku Buat Soil Invetigation ada komentar dari Dede mengenai nilai angka keamanan buat pondasi dalam. Sebenernya ga ada standar yang baku buat angka keamanan. Seperti yang dede bilang tergantung ownernya maw angka keamanan berapa. Tapi yang jelas angka keamanannya pasti >1. Jekas ga mungkin kan owner maw strukturnya rubuh gara2 angka keamanan yang rendah.

Di bawah ini gue tampilin penentuan angka keamanan yang bersumber dari Canadian Foundation Engineering Manual (1992).


Dari sana udah jelas kan, klo angka keamanan buat pondasi dalam dapat tereduksi dengan tambahan data yang lebih jelas ataupun dengan telah dilakukan test seperti static loading test ato pile driving analysis. Bahkan gue denger di negara2 maju berani menggunakan angka keamanan yang mendekati 1 cuma umumnya beban terbesar diakibatkan oleh beban gempa.

Disini kelihatan banget judgement dari seorang geotechnical engineer amat penting, apalagi buat project2 yang bernilai gede. Penghematan beberapa cm dari pondasi aja bisa memberikan efisiensi yang banyak. Judgement dari seorang geotechnical engineer bergantung dari intuisi yang dibentuk melalui banyak pengalaman. Dan ketika menemui sesuatu yang baru, dan bersifat ambigu, penggunaan angka keamanan yang tinggi menjadi keharusan. Karena menyangkut nyawa dari pemakaian struktur diatasnya.

Banyak code dari negara-negara maju yang menyarankan untuk menggunakan angka keamanan 2.5, tapi angka keamanan dapat tereduksi bergantung dengan situasi tanah. Dan tentu saja tetap owner yang menentukan berapa nilai angka keamanan minimum dari struktur tersebut.

Tidak ada komentar: