Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Kamis, 05 Juni 2008

Prospek lulusan teknik sipil gimana???

Nyambil2 browsing, baru aja gue ketemu n baca tulisan Priandoyo mengenai prospek lulusan teknik sipil..Tulisannya simple, pendek, dan nganggep prospek kerja lulusan teknik sipil bakal berat.. Dan respon terhadap tulisannya gede banget ampe 89 comment.. Rata-rata dari alumni teknik sipil..Baik yang optimis maupun pesimis ato sekedar curhat mengenai keadaannya sekarang..

Gimana sich sebenernya prospek lulusan teknik sipil????
Kebetulan gue juga termasuk mahasiswa tingkat akhir alias sudah siap buat lulus dan masuk ke dunia kerja..Jadi gue buat aja tanggepanny ..

Klo balik ke jaman gue smp dolo pas kerusuhan terjadi..Dunia teknik sipil bener2 kolaps..Pembangunan terhenti dan yang ada malah penghacuran.. Klo denger cerita dari dosen dan senior, lulusan teknik sipil saat itu sulit mencari kerja..Sehingga banyak yang banting stir ke bidang laen kerja dibank, asuransi, wiraswata, minyak, dll.. Dan untungnya dengan bantuan embel2 almamater, alumni teknik sipil ITB dapat bertahan bahkan dapat bekerja di bidang yang amat jauh dari ilmunya..

Liat dari pengalaman tahun 1998 kemaren, ga bisa dipungkiri klo teknik sipil amat bergantung dengan pembangunan yang terjadi. Dan pembangunan di Indonesia amat tergantung dengan dana APBN, dana hibah dan pinjaman luar negeri.. Sekarang dengan sulitnya APBN banyak pembangunan infrastruktur diserahkan ke pihak swasta, sayangnya tidak banyak investor yang mau akibat tidak stabilnya negeri ini.. Berharap dari dana pinjaman luar negeri, indonesia udah punya utang banyak, klo mau pinjem nanti banyak rakyat yang ribut, dan juga luar negeri juga takut minjemin, takut duitnya ga balik..

Hehehehe... jangan pesimis dulu...

Liat kondisi sekarang, sebenernya ada peluang besar dengan naiknya harga BBM dan otonomi daerah.. Sejak adanya aliran dana ke daerah, banyak daerah yang memiliki kelebihan uang dan melakukan pembangunan infrastruktur secara besar2an, cuma sayangnya belum banyak pembanguan proyek mercusuar di daerah, baru proyek berskala kecil dan menengah..Ga seperti dulu pas jaman sentralistik, pembangunan di jakarta begitu pesat dan gila..ya, maka resikonya kita mesti balik ke daerah..

Satu lagi, baru aja pemerintah naikin tarif BBM, dan dengan kenaikan tarif tersebut, pemerintah memiliki banyak dana lebih yang sebagian besar akan diperuntukkan untuk membangun infrastruktur.. Pembangunan banyak infrastruktur yang dulu ga banyak diminati swasta akan dilakukan sendiri m pemerintah..Tujuannya dengan peninggkatan infrastrutur diharapkan dapat memicu perekonomian..

Bisa dibayangin kan klo nanti bakal banyak pembangunan infrastruktur gede-gedean.. Bakal banyak gedung, jembatan, jalan, bendungan, yang bakal dibangun..Jadi teknik sipil bakal punya masa depan yang cerah banget.. Tapi ada syaratnya, asal yang demo2 sekarang, ga ngerusuh dan bikin ekonomi kita kacau balau lagi kayak dulu..

Waduh repot juga ya, kan yang demo dah banyak banget dan ngarah ke anarkis...
Gimana masa depan kita ya????

Masih banyak jalan kok, yaitu jalan yang ditempuh ama sebagian besar alumni itb yang lulus tahun 2000-an..

Yaitu, kerja di perusahaan asing..

Banyak alumni teknik sipil yang bekerja di perusahaan asing, khususnya yang berhubungan dengan minyak..Bagi yang pengen tetep bergerak dibidang sipil dapat bekerja di oil construction kayak McDermott..tapi yang bener2 nyimpang juga ga masalah, kayak kerja di Oil company macem Total, Exxon, Chevron, dll karena waktu ngelamar kerja disana yang penting lulus tesnya abis itu bakal ditraining lagi ma perusahaanya.. ato kerja di oil service yang lagi booming bgt skrg akibat gajinya yang gede macem slumberger..

kok gue ngomongin minyak mulu??
abis banyak temen2 teknik sipil angkatan gue yang sekarang pada sibuk ngelamar kerja di perusahaan minyak dan tambang padahal lulus juga belum...

klo ga maw kerja di perusahaan minyak ga apa2, masih banyak konsultan dan kontraktor asing yang beroperasi di Indonesia..kan masih di bidang teknik sipil.. lagian banyak pemerintah dan swasta di Indonesia yang masih percaya klo yang namanya asing2 itu lebih baik... syukur2 bisa kerja pada proyek2 mereka di luar negeri..tapi maw kerja disana syaratnya berat banget, mesti jadi yang paling pinter di Indonesia..

trus jalan lain masih ada ga?..ya, pergi keluar negeri aja..

cari beasiswa buat ngambil kuliah master ato cari kerja di negara2 yang lagi ngebangun dengan pesat kayak Singapure m Malaysia ato negara2 Arab kayak Qatar ato Uni Emirat Arab..

Kok gue gampang banget ngomongnya???Ga nasionalis ni??

Klo maw berkarir di bidang teknik sipil di Indonesia harus memperhatikan perekonomian negara..Trus perekonomian kita begitu bergatung keadaan politik dimana saat ini politikus lagi pada berantem.. Sebenernya prospek teknik sipil bakal cerah bila tidak terjadi ribut2 bbm yang bisa bikin chaos....Semoga aja negeri ini ga bakal ribut2 dulu, dan bisa ngebangun banyak infrastruktur, biar lulusan teknik sipil kayak gue bisa cari duit...benerkan temen2???

13 komentar:

Anonim mengatakan...

masak sih prospek teknik sipil bagus banget. sekarang gue maw masuk kelas 3 sma, bokap gue bilang nanti pas kuliah jangan masuk sipil. katanya bakal sulit masa depannya?

VaILiXI mengatakan...

sebenernya masa depan kita tergantung ma diri kita sendiri, klo kita minat sama bidangnya dan bekerja keras pasti tetep punya masadepan yang cerah kok..

teknik sipil merupakan teknik tertua di dunia dan menurut gue bakal tetep diperlukan ampe kapanpun..

Anonim mengatakan...

@Joni

anda mau berpikirlah jgn menerima apa saja yg dimasukan ke kepalamu ,,

teknik sipil ? liatlah bangunan,jalan,jembatan,irigasi,infrastruktur,off shore rig,dan fasilitas2 lain,,

sapa itu yg bangun ?
bisakah ekonomi berjalan tanpa semua itu ?
dan kerjapun gak harus di sipil,,
asal kaw rajin belajar dan dapat ip 3,xx

VaILiXI mengatakan...

saran yang bagus buat joni dari sipil itb.. memang walaupun ekonomi lagi sulit tapi tanpa teknik sipil ekonomi ga bakalan bisa berjalan..

dan klo kita belajar yang rajin dan berusaha keras dimanapun lulusan teknik sipil, gue yakin bisa survive..

Anonim mengatakan...

@ sipil itb

ip 3,xx gang penting boss, yang penting ATTITUDE!!!! mana attitude klean

Anonim mengatakan...

pelajaran hidup dari seorang pembimbing saat kerja praktek saya minggu lalu : "yang kami butuhkan bukan cuma orang2 pintar dgn nilai sempurna di semua kuliah, tapi yg fokus di bidangnya, mau belajar, n hubungan masyarakat yg baik."

Singgih Sri Kartiko mengatakan...

sebenernya yang paling penting benahi pemerintahannya...masalahnya, uang negara banyak dikorupsi...bayangin aja, jalanan cepet rusak?ngemengnya gara2 over load lah, hujan lah...emangnya mereka yang bikin ga pernah belajar sipil ya...harusnyakan udah didesain dengan maksimal...bukan duitnya yang diminimalkan tapi sisanya diambil...saatnya kita yang muda yang merubah...

Anonim mengatakan...

Hmm..
Jd bingung neh..


Kira2 brpa persen peluang kerja cewek lulusn tek. Sipil dibandingkan cowok?
Apakah lebih kecil..?

VaILiXI mengatakan...

Peluang cewek ato cowok relatif sama, semua bergantung sama kemampuan dan kepribadian dari orangnya, cuma emg cewe biasany lebih kerja dalam ruangan dibandingin dengan cowok

gian's carrier mengatakan...

thanks..

artikelnya sangat bermanfaat.

kia mengatakan...

masak sih prospek teknik sipil bagus banget. sekarang gue maw masuk kelas 3 sma, bokap gue bilang nanti pas kuliah jangan masuk sipil. katanya bakal sulit masa depannya?

VaILiXI mengatakan...

Mungkin ada alumni teknik sipil yang sudah sukses dapat membantu saya menjawab pertanyaan dari adik kia ini.

Anonim mengatakan...

Saya lulusan teknik sipil dan bekerja di perusahaan telekomunikasi.saya lihat banyak teman2 lulusan teknik sipil yg sukses bekerja di perusahaan telekomunikasi,minyak,IT,bank dll.yang penting jujur dan bekerja keras pasti sukses!